Soal Kabar Evakuasi Warganya dari Indonesia, Ini Kata Kedubes Jepang

Rabu, 14 Juli 2021 - 15:36 WIB
loading...
Soal Kabar Evakuasi Warganya dari Indonesia, Ini Kata Kedubes Jepang
Kedutaan Besar Jepang di Jakarta angkat bicara mengenai kabar negaranya akan melakukan evakuasi warga negara Jepang di Indonesia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar Jepang di Jakarta angkat bicara mengenai kabar negaranya akan melakukan evakuasi warga negara Jepang di Indonesia. Kabar ini muncul setelah adanya pernyataan dari Sekretariat Kabinet Jepang, Katsunobu Kato.

Kato, dalam konferensi pers di Tokyo kemarin mengatakan bahwa pemerintah Jepang akan mendukung kembalinya warga dari Indonesia.Dia menuturkan penerbangan khusus akan mulai dilakukan pada hari Rabu (14/7/2021).

Dalam sebuah pernyataan yang diterima Sindonews, Kedutaan Besar Jepang mengatakan, penerbangan khusus yang dilakukan hari ini terlaksana atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang dan bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari pemerintah Jepang.

"Sama halnya dengan Indonesia, dan negara-negara manapun. Jepang juga masih mengadakan pembatasan masuk bagi orang-orang dari luar negeri," ucapnya.

"Pembatasan ini dilakukan untuk menjaga kapasitas pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di bandara beserta petugas medisnya, dan fasilitas karantina bagi mereka yang datang dari luar negeri ini dapat beroperasi dengan baik," sambungnya.

Pihak Kedutaan Besar Jepang juga mengatakan bahwa apa yang dimaksud Kato adalah mengenai bantuan dari pemerintah Jepang adalah bantuan berupapenambahan kuota bagi warganya yang akan masuk kembali ke Jepang.

"Juga sambil menjaga kapasitas medis dan fasilitas karantina, serta hal-hal lain pendukung laiinya agar dapat beroperasi dengan baik dalam menerima kepulangan mereka," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)