AS Tarik Pasukan, Taliban Klaim Kuasai 85% Afghanistan

Jum'at, 09 Juli 2021 - 22:06 WIB
loading...
AS Tarik Pasukan, Taliban Klaim Kuasai 85% Afghanistan
Taliban mengklaim telah menguasai 85% wilayah Afghanistan seiring penarikan pasukan AS dari negara itu. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Taliban mengklaim sekarang menguasai sebagian besar Afghanistan ketika penarikan militer Amerika Serikat (AS) dari negara itu semakin dekat. Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah Presiden AS Joe Biden membela keputusannya untuk membawa pulang pasukan Amerika meskipun Taliban menunjukkan kemajuan pesat dalam merebut sejumlah wilayah di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam konferensi persnya di Moskow, tiga pejabat Taliban berusaha meredakan kekhawatiran kelompok militan itu akan menggulingkan pemerintah Afghanistan yang didukung Barat. Mereka menyatakan kelompok militan itu siap untuk berbagi kekuasaan. Tetapi pada saat yang sama, mereka mengklaim bahwa Taliban sekarang mengendalikan 85% dari Afghanistan.

"Kami tidak ingin berperang. Kami ingin menemukan solusi politik melalui negosiasi politik. Negosiasi semacam itu sedang berlangsung di Doha," ujar juru bicara Taliban Suhail Shaheen, seperti dikutip ABC News dari kantor berita Rusia Interfax, Jumat (9/7/2021).

Dalam kesempatan itu ia menegaskan bahwa Taliban tidak mencari kekuasaan total dan ingin memasukkan semua anggota masyarakat Afghanistan dalam pemerintahan.

Ditanya oleh wartawan terkait pernyataan Biden yang menolak bahwa pengambilalihan Taliban atas Afghanistan "tidak terhindarkan," para utusan itu mengatakan hal tersebut merupakan pendapat pribadi Presiden AS.



"Kami harus menyatakan bahwa ini adalah pendapat pribadi Tuan Biden. Anda dapat melihat sendiri bahwa hingga 14 distrik telah bergabung dengan emirat Islam dalam seminggu," kata pejabat Taliban lain, Shahabuddin Delawar.

Delegasi Taliban di Moskow juga berjanji bahwa mereka tidak akan mengusik para penerjemah yang selama ini membantu AS.

Sebelumnya Pentagon mengatakan sedang mencari cara untuk mengevakuasi ribuan penerjemah dan keluarganya ke wilayah AS, instalasi militer dan negara-negara di luar Afghanistan.

"Kami menjamin bahwa mereka bisa berada di Afghanistan, menjalani kehidupan normal, mereka tidak akan dirugikan," tegas juru bicara Taliban, Shaheen.

Kemunculan Taliban di Moskow terjadi saat kemajuannya di utara telah mengganggu Rusia dengan meresahkan tetangganya Tajikistan. Lebih dari 1.000 tentara Afghanistan dan pengungsi lainnya melarikan diri ke Tajikistan minggu ini karena Taliban juga menguasai sebagian besar perbatasan Afghanistan dengan negara itu.

Langkah itu membuat Tajikistan khawatir dan memobilisasi 20.000 tentara sebagai tanggapan. Ketegangan menandakan kemungkinan pergolakan regional yang mungkin mengikuti keluarnya AS dan telah mengkhawatirkan Rusia, yang memiliki pangkalan militer di Tajikistan dan melihat negara-negara bekas Soviet di Asia Tengah sangat vital bagi keamanannya.



Setelah pembicaraan pada hari Kamis di Moskow, kementerian luar negeri Rusia mengatakan telah menerima jaminan dari Taliban bahwa kelompok itu tidak akan membiarkan pasukannya melanggar perbatasan negara-negara Asia Tengah.

Rusia telah mempertahankan hubungan dengan Taliban dan pemerintah Afghanistan, menjadi tuan rumah beberapa putaran pembicaraan Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir. Moskow ingin mencegah konflik agar tidak mengganggu stabilitas tetangganya di Asia Tengah dan menghentikan ekstremis Islam, khususnya Negara Islam, menyusup ke mereka dari Afghanistan.

Delawar, pejabat Taliban lainnya, mengatakan Taliban tidak akan membiarkan ISIS ada di Afghanistan atau negara itu digunakan untuk melancarkan serangan terhadap tetangganya.



Taliban telah melancarkan serangan intensif di tengah penarikan AS dan pasukannya telah melonjak di wilayah-wilayah di Afghanistan, merebut sekitar seperempat distrik negara itu sejak AS memulai penarikan pasukannya pada Mei lalu. Pekan ini, Rusia mengatakan kelompok itu sekarang menguasai dua pertiga perbatasan Afghanistan dengan Tajikistan -- dan video-video yang muncul menunjukkan pejabat Taliban kini menjaga pos-pos bea cukai di sana.

Sulit untuk menilai berapa banyak wilayah yang sekarang dikuasai Taliban dan memperkirakannya telah lama diperebutkan. Perhitungan oleh Inspektur Jenderal Khusus AS untuk Rekonstruksi Afghanistan pada tahun 2018 menemukan bahwa pemerintah Afghanistan mengendalikan lebih dari setengah distrik Afghanistan.



Kontrol itu telah menyusut secara drastis lagi dalam beberapa pekan terakhir, dengan Taliban berhasil mengambil alih puluhan distrik. Tetapi wilayah sebenarnya yang dipegang oleh kelompok itu kemungkinan masih jauh lebih kecil dari 85% yang mereka klaim, dengan sebagian besar perkiraan menunjukkan bahwa wilayah yang dikuasai lebih dekat ke angka sekitar setengahnya, meskipun banyak distrik yang diperebutkan.

The Long War Journal, sebuah situs web yang meliput konflik tersebut, mencoba melacak perubahan kendali atas distrik-distrik Afghanistan. Dengan hitungannya, pada 5 Juli, Taliban sepenuhnya mengendalikan sekitar 46% distrik negara itu, dengan 30% lainnya diperebutkan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)