Boris Johnson Umumkan Berakhirnya Misi Militer Inggris di Afghanistan

Kamis, 08 Juli 2021 - 23:04 WIB
loading...
Boris Johnson Umumkan Berakhirnya Misi Militer Inggris di Afghanistan
PM Boris Johnson mengumumkan berakhirnya misi militer Inggris di Afghanistan. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengumumkan berakhirnya misi militer Inggris di Afghanistan menyusul keluarnya pasukan terakhir yang tersisa secara tergesa-gesa dan rahasia 20 tahun setelah invasi pasca tragedi 9/11 yang memulai “perang melawan teror”.

Johnson menegaskan kepada anggota parlemen bahwa intervensi, yang merenggut nyawa 457 tentara Inggris, akan berakhir bahkan ketika pemberontak Taliban telah dengan cepat mendapatkan wilayah di daerah pedesaan ketika Inggris dan pasukan lainnya mundur.

"Semua pasukan Inggris yang ditugaskan untuk misi NATO di Afghanistan sekarang kembali ke rumah," tegas Johnson seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (8/7/2021).

Meskipun PM Inggris itu tidak akan mengungkapkan jadwal penarikan dengan alasan keamanan, ia menambahkan: "Saya dapat memberi tahu parlemen bahwa sebagian besar personel kami telah pergi."



Kritikus mengatakan menarik diri secara diam-diam merupakan penghinaan bagi para veteran yang sampai sekarang telah ditolak saat-saat terakhirnya. Sumber-sumber pertahanan mengatakan kerahasiaan itu atas permintaan AS, dengan alasan keamanan operasional.

Meskipun politisi dan jenderal Inggris, termasuk Johnson, mengatakan mereka tidak ingin keluar pada saat ini, desakan Biden dan kegagalan negara lain untuk menawarkan kekuatan tempur alternatif membuat Inggris dan negara-negara NATO lainnya harus mundur.

Johnson juga menolak seruan untuk mengadakan penyelidikan publik tentang perang, sejalan dengan laporan Chilcot tentang Irak, yang diserukan di parlemen oleh Tobias Ellwood, ketua komite pertahanan terpilih.

“Saya tidak berpikir bahwa itu adalah jalan yang benar ke depan pada tahap ini,” kata Johnson, dengan alasan bahwa tentara Inggris telah melakukan tinjauan internal menyeluruh dari pelajaran yang perlu dipelajari ketika pasukan Inggris mengakhiri operasi tempur di 2014.

"Penyelidikan Chilcot telah memakan waktu tujuh tahun dan berbiaya jutaan”, tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)