Tentara Afghanistan Kembali Rebut Kota di Perbatasan dengan Turkmenistan dari Taliban

Kamis, 08 Juli 2021 - 17:27 WIB
loading...
Tentara Afghanistan Kembali Rebut Kota di Perbatasan dengan Turkmenistan dari Taliban
Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan, pasukan pemerintah merebut kembali kendali atas kota di Provinsi Badghis yang diduduki Taliban sehari sebelumnya. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan, pasukan pemerintah merebut kembali kendali atas kota di Provinsi Badghis yang diduduki Taliban sehari sebelumnya. Kementerian itu juga mengatakan bahwa ratusan tentara telah dikerahkan ke kota itu.

Kemarin, Taliban merebut gedung-gedung pemerintah utama di kota itu, termasuk markas polisi sebagai bagian dari kemajuan dramatis Taliban yang berlangsung ketika pasukan asing menarik diri dari Afghanistan setelah intervensi selama 20 tahun.

Menurut kementerian itu, pertempuran masih berlanjut di pinggiran Qala-e-Naw, Ibu Kota Provinsi Badghis, yang berbatasan dengan Turkmenistan.

"Kota ini sepenuhnya (kembali) di bawah kendali kami dan kami sedang melakukan operasi melawan Taliban di pinggiran kota," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan, Fawad Aman.

Aman, seperti dilansir Reuters pada Kamis (8/7/2021), mengatakan, 69 anggota Taliban tewas dalam operasi tersebut. "Sejumlah besar senjata dan amunisi Taliban juga disita oleh pasukan pemerintah," ujarnya.

Kementerian itu mengatakan, sejumlah wilayah di Badghis masih diduduki oleh Taliban. Pejabat keamanan mengatakan, Taliban telah merebut lebih dari 100 distrik di Afghanistan.

Sedangkan Taliban sendiri mengklaim, mereka menguasai lebih dari 200 distrik di 34 provinsi yang mencakup lebih dari separuh negara. Meski demikian, sebagian besar kota utama masih berada di bawah kendali pemerintah.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)