Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor di Jepang, 20 Hilang

Sabtu, 03 Juli 2021 - 14:34 WIB
loading...
A A A
Seorang pejabat manajemen bencana prefektur Shizuoka mengatakan kepada AFP bahwa keselamatan 20 orang tidak diketahui setelah tanah longsor.



Pemerintah setempat telah meminta bantuan militer untuk misi penyelamatan, tambahnya.

Tanah longsor terjadi sekitar pukul 10:30 pagi waktu setempat dan beberapa rumah hanyut, kata seorang pejabat kota Atami.

Lebih dari 2.800 rumah di wilayah itu tanpa listrik, menurut Tokyo Electric Power Company (TEPCO).

Sebuah video yang diposting di TikTok dari tempat kejadian menunjukkan lumpur besar dan puing-puing meluncur perlahan di jalan yang curam dan hampir menelan sebuah mobil putih, yang melaju sebelum semburan yang lebih cepat dan lebih dahsyat tiba.

Media Jepang melaporkan Perdana Menteri Yoshihide Suga akan bertemu para menteri sore ini untuk membahas bencana dan kerusakan terkait hujan lainnya.



Sebagian besar wilayah Jepang saat ini mengalami musim hujan tahunan, yang berlangsung selama beberapa minggu dan sering menyebabkan banjir serta tanah longsor, sehingga pemerintah setempat mengeluarkan perintah evakuasi.

Para ahli mengatakan perubahan iklim mengintensifkan fenomena ini karena atmosfer yang lebih hangat menampung lebih banyak air, menghasilkan curah hujan yang lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)