AS dan Jepang Gelar Latihan Militer, Skenariokan Konflik dengan China

Kamis, 01 Juli 2021 - 10:38 WIB
loading...
AS dan Jepang Gelar Latihan Militer, Skenariokan Konflik dengan China
AS dan Jepang gelar latihan militer bersama untuk kemungkinan skenario konflik dengan China terkait Taiwan. Foto/Sputnik
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Jepang melakukan latihan militer bersama untuk kemungkinan skenario konflik dengan China terkait Taiwan . Demikian laporan Financial Times (FT) yang mengutip pejabat militer.

Menurut enam orang yang tidak disebutkan namanya yang dikutip dalam laporan itu, pejabat militer Amerika dan Jepang memulai perencanaan serius untuk kemungkinan konflik selama tahun terakhir kepresidenan Donald Trump. Bersamaan dengan perencanaan, Washington dan Tokyo dilaporkan melakukan permainan perang meja rahasia dan latihan bersama di Laut China Selatan dan China Timur .

Beberapa pejabat yang dikutip oleh FT mengatakan bahwa latihan bersama di Laut Cina Selatan antara dua negara bersekutu itu telah ditulis sebagai "pelatihan bantuan bencana", karena lebih banyak latihan diadakan di daerah sekitar Kepulauan Senkaku untuk mempersiapkan konflik dengan Beijing atas Taiwan, yang terletak sekitar 350 kilometer ke arah barat.

Menurut laporan itu, pejabat AS dan Jepang sedang mengkaji masalah hukum terkait latihan bersama, di antaranya akses ke pangkalan dan dukungan logistik yang dapat diberikan oleh Tokyo jika terjadi konflik. Khususnya, mengevaluasi kemungkinan Jepang terlibat dalam konflik semacam itu, laporan itu menunjukkan bagaimana Washington akan bergantung pada pangkalan udara di Jepang.

Seorang pejabat mengamati bahwa AS dan Jepang perlu "segera" membuat mekanisme berbagi trilateral dengan Taiwan untuk bertukar informasi tentang pergerakan angkatan laut dan udara China.

“Sebagian dari data semacam itu dibagikan antara Taiwan dan AS, dan antara Jepang dan AS. Tetapi kami tidak memiliki pembagian langsung secara trilateral,” kata pejabat itu.

“Anda tidak dapat mulai mengaturnya di tengah-tengah kemungkinan. Kamu harus melakukannya sekarang,” imbuhnya seperti dikutip Sputnik dari FT, Kamis (1/7/2021).

Menurut laporan itu, para pejabat dari AS, Jepang dan Taiwan menguraikan bahwa kerja sama telah meningkat secara signifikan setelah kesepakatan dicapai pada tahun 2017 untuk berbagi kode pesawat militer yang memudahkan mengidentifikasi jet bersahabat. Jepang dilaporkan tergerak untuk meningkatkan kerja sama karena tumbuhnya kesadaran tentang pentingnya Taiwan yang merdeka dan berdaulat untuk keamanannya sendiri.

Tujuan akhir dari kedua sekutu itu dilaporkan untuk menyusun rencana perang terpadu bagi Taiwan.

Yang mengkhawatirkan AS dan Jepang khususnya adalah peningkatan jumlah jet tempur China yang terbang melalui wilayah zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, dan juga kapal-kapal Beijing yang berlayar ke perairan teritorial di sekitar pulau Senkaku yang disengketakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)