Langka, Mahasiswi Ini Terlahir dengan Dua Rahim dan Dua Miss V

Sabtu, 03 Juli 2021 - 00:01 WIB
loading...
Langka, Mahasiswi Ini Terlahir dengan Dua Rahim dan Dua Miss V
Paige DeAngelo, 20, mahasiswi Amerika Serikat yang terlahir dengan dua sistem reproduksi lengkap, yakni dua rahim, dua leher rahim dan dua vagina. Foto/Paige DeAngelo/SWNS
A A A
PHILADELPHIA - Seorang mahasiswi di Amerika Serikat (AS) terlahir dengan dua rahim dan dua "Miss V" atau vagina. Kondisinya yang langka membuatnya mengalami menstruasi ganda dan bahkan masih bisa mengalaminya saat hamil.

Paige DeAngelo, 20, memiliki didelphys rahim, kelainan yang muncul sejak lahir yang berarti dia memiliki dua sistem reproduksi yang berfungsi penuh—dua rahim, dua leher rahim dan dua vagina.



Karena kondisi tersebut, dia juga mengalami dua kali menstruasi, artinya dia bisa hamil di salah satu rahimnya dan tidak mengetahuinya sampai dia mendapatkan gejala lain juga.

Paige telah bercerita tentang kondisinya di TikTok. Dia berpotensi hamil di kedua rahim pada saat yang sama—yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan.

Wanita muda itu menderita menstruasi yang tidak teratur—terkadang satu setiap dua minggu—selama bertahun-tahun, tetapi dia tidak didiagnosis dengan didelphys rahim sampai dia mengunjungi dokter kandungan untuk pertama kalinya pada usia 18 tahun.

Itu hanya pemeriksaan biasa, tetapi dokter mengatakan kepadanya bahwa dia mungkin harus menelepon Ibunya, Carol Ann VanAuken, 53, untuk mendengar berita itu.

"Saya selalu mengalami menstruasi yang sangat tidak teratur tetapi sebenarnya dua siklus hidup dan mati," kata Paige.

"Kadang-kadang sebulan sekali dan di lain waktu dua kali sebulan, hanya berselang beberapa minggu," ujarnya.

"Itu selalu merupakan pertaruhan tentang kapan saya akan mendapatkannya, dan selama SMA saya tidak bisa merencanakannya," paparnya seperti dikutip The Mirror, Jumat (2/7/2021).

"Reaksi orang ketika saya memberi tahu mereka selalu lucu—seperti kaget, dan kemudian [berkata]; 'apa yang kamu katakan?'"

Mahasiswi itu mengatakan dia mendapat banyak pertanyaan spesifik karena orang ingin tahu tentang kondisinya, tetapi di luar anatominya tidak terlihat aneh.

"Saya pikir kesalahpahaman terbesar adalah anatomi keduanya," ujarnya.

"Orang-orang mengira itu adalah dua vagina yang terpisah di luar, tetapi bukan itu masalahnya, itulah sebabnya saya tidak mengetahuinya selama 18 tahun," paparnya.

"Setiap 'sisi' berukuran setengah dari ukuran vagina normal. Itu tidak menyebabkan masalah apa pun, tetapi jelas terlihat," imbuh dia.



Berbicara tentang janji bertemu ketika dia mengetahui tentang gangguan itu, Paige berkata: "Dia (dokter) tidak langsung memberi tahu saya, tetapi ketika saya melihat raut wajahnya, saya tahu ada sesuatu yang tidak beres. Kami tidak tahu tingkat keparahannya."

Remaja itu diberitahu kemungkinan hanya ada beberapa jaringan ekstra, tetapi diminta untuk pemindaian MRI minggu berikutnya.

"Orang yang memberikannya benar-benar tersentak dan tertawa terbahak-bahak ketika mereka pertama kali melihatnya," katanya.

"Saya seperti [berkata]; 'apa sih, apa itu?', dan mereka seperti [berkata]: 'Anda memiliki dua sistem reproduksi!'"

"Saya tidak tahu. Sejujurnya saya bahkan tidak langsung memprosesnya. Saya pikir itu agak lucu pada awalnya. Saya belum pernah mendengar tentang itu, tetapi kemudian ketika saya kembali ke ginekolog dan kami berbicara tentang apa artinya, saat itulah saya merasa seperti itu," terangnya.

Kondisi Paige menempatkannya pada risikopersalinan prematur atau keguguran yang jauh lebih tinggi, karena rahimnya jauh lebih kecil dari biasanya.

Dia diberitahu oleh dokter bahwa jika dia ingin memiliki anak, dia mungkin harus memiliki Ibu pengganti.

Mahasiswa di Universitas Drexel di Philadelphia, Pennsylvania, tersebut mengatakan: "Saya sendirian ketika saya mengemudipulang dan saya hanya menangis."

"Itu sangat memilukan untuk didengar. Saya ingin memiliki masa depan di mana saya tumbuh dan memiliki keluarga besar."

Dia tetap optimistis dan telah menemukan komunitas dengan wanita lain, dan Ibu, yang hidup dengan didelphys rahim.

"Saya berada di grup pendukung Facebook dengan gadis-gadis yang memiliki kondisi tersebut dan banyak dari mereka memiliki satu anak setiap lima kali keguguran," katanya.

"Ini menyedihkan, tapi saya adalah orang yang setengah-setengah—fakta bahwa orang-orang memiliki anak adalah apa yang membuat saya terus maju."

Diagnosisnya juga memberikan penjelasan tentang siklus menstruasi yang tidak teratur yang dialami Paige sejak pubertas.

Wanita itu sering dibombardir dengan pertanyaan tentang kehidupan seksnya, dan harus meyakinkan orang bahwa tidak ada masalah.

Paige, yang punya pacar, Hugh Hinton, 20, berkata: "Saya punya pacar sekarang dan semuanya bekerja dalam arti itu!"

Kondisinya yang langka disebabkan ketika saat menjadi janin perempuan yang tumbuh, rahim mulai keluar sebagai dua tabung kecil yang disebut saluran M llerian.

Ini pada akhirnya akan menyatu bersama untuk membentuk sistem reproduksi dalam proses yang disebut embriogenesis.

Wanita dengan didelphys uteri tidak menjalani embriogenesis penuh, dan dapat dilahirkan dengan dua sistem reproduksi penuh.

Vagina tidak dapat dibedakan dari luar, tetapi memiliki sepotong jaringan yang memisahkannya yang disebut septum.

Paige memulai saluran TikToknya, @paige.deangelo, untuk mendidik orang-orang yang memiliki pertanyaan tentang kondisinya dan dia sekarang memiliki lebih dari 300.000 pengikut.

"Saya pasti telah menjangkau banyak orang dari TikTok saya yang sangat luar biasa, selain beberapa komentar aneh dan menyeramkan yang pasti saya harapkan dengan berbicara tentang vagina saya!" katanya.

"Banyak gadis yang memiliki masalah yang sama mengirimi saya DM [pesan langsung] dan mengatakan bahwa mereka merasa sangat kesepian selama ini," ujarnya.

"Mampu menyatukan semua orang itu adalah alasan mengapa saya melakukan ini—saya tahu saya merasa sangat sendirian dan sangat takut ketika mengetahuinya," lanjut dia.

"Saya senang telah menciptakan ruang yang aman bagi perempuan lain untuk mencari bantuan."

Sejak saat itu dia bisa mengontrol menstruasinya yang tidak teratur dengan pil KB.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)