Misi Italia di Afghanistan Berakhir, Semua Pasukan Sudah Ditarik

Kamis, 01 Juli 2021 - 05:01 WIB
loading...
Misi Italia di Afghanistan Berakhir, Semua Pasukan Sudah Ditarik
Pasukan Italia bertugas di Afghanistan selama 20 tahun terakhir. Foto/REUTERS
A A A
ROMA - Italia telah menyelesaikan penarikan pasukannya dari Afghanistan , sesuai pengumuman Roma pada Rabu (30/6).

Itu artinya Italia telah mengakhiri penempatan pasukannya setelah 20 tahun di sana. Langkah ini sebagai bagian dari penarikan pasukan NATO yang dipercepat.

Anggota aliansi yang didukung Amerika Serikat (AS) itu sepakat pada April untuk menyelesaikan misi mereka yang berkekuatan 9.600 pasukan di Afghanistan setelah Presiden AS Joe Biden menyerukan mengakhiri perang terpanjang Washington.



“Tadi malam, misi Italia di Afghanistan secara resmi berakhir,” ungkap Menteri Pertahanan (Menhan) Italia Lorenzo Guerini, setelah puluhan tentara mendarat di bandara internasional Pisa dari Herat.



“Namun, komitmen komunitas internasional untuk Afghanistan, dimulai dengan Italia, tidak berakhir di sini. Ini akan berlanjut dalam bentuk lain, dari memperkuat kerja sama pembangunan hingga mendukung institusi republik Afghanistan,” papar dia.



Menurut Kementerian Pertahanan (Kemhan) Italia, 50.000 tentara Italia dikerahkan ke Afghanistan selama 20 tahun terakhir setelah serangan 9/11 mendorong keterlibatan AS dan NATO di negara itu.

Selama periode itu, 53 tentara tewas dan 723 terluka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)