Kanada Masukkan Milisi Sayap Kanan AS dalam Daftar Teroris

Jum'at, 25 Juni 2021 - 23:34 WIB
loading...
Kanada Masukkan Milisi Sayap Kanan AS dalam Daftar Teroris
Kanada masukkan kelompok sayap kanan AS, Three Percenters, sebagai kelompok teroris. Foto/Ilustrasi
A A A
OTTAWA - Kanada secara resmi memasukkan kelompok milisi sayap kanan Amerika Serikat (AS), Three Percenters, sebagai entitas teroris pada Jumat (25/6/2021). Kanada mengatakan kelompok itu merupakan ancaman signifikan bagi keamanan domestik Kanada.

Awal bulan ini jaksa AS menjatuhkan dakwaan konspirasi terhadap enam orang yang terkait dengan Three Percenters, yang terbaru dari serangkaian dakwaan yang timbul dari kerusuhan 6 Januari di Gedung US Capitol oleh pendukung mantan Presiden Donald Trump.



Pejabat Kanada mengutip kerusuhan 6 Januari lalu saat memasukkan kelompok sayap kanan itu ke dalam daftar mereka. Menteri Keamanan Publik Kanada Bill Blair mengatakan kelompok itu memiliki kehadiran yang aktif di Kanada dan tertarik untuk merekrut anggota polisi serta orang-orang dengan pelatihan militer.

"Kami memantau aktivitas mereka di Kanada dengan keprihatinan yang semakin besar," katanya dalam konferensi pers seperti dikutip dari Reuters.

Ottawa juga memasukkan aktivis neo-Nazi terkemuka James Mason dan kelompok Inggris Aryan Strikeforce dalam daftar yang sama.

Awal bulan ini Kanada diguncang aksi seorang pria menabrakkan truknya ke sebuah keluarga Muslim di kota London, Ontario, menewaskan empat dari mereka, dalam apa yang disebut polisi sebagai serangan rasis.



"Peristiwa baru-baru ini harus menghilangkan keraguan tentang ancaman serius yang ditimbulkan oleh ekstremisme kekerasan yang bermotivasi ideologis. Intoleransi dan kebencian tidak memiliki tempat di masyarakat kita," tegas Blair.

Didirikan pada tahun 2008, Three Percenters adalah kelompok anti-pemerintah yang terorganisir secara longgar yang mengambil namanya dari gagasan bahwa hanya 3% dari kolonis Amerika yang mengangkat senjata melawan Inggris dalam Revolusi Amerika abad ke-18.

Aset kelompok tersebut sekarang dapat dibekukan oleh bank dan lembaga keuangan, serta merupakan kejahatan bagi warga Kanada untuk secara sadar berurusan dengan aset entitas yang terdaftar dalam daftar kelompok teroris . Siapa pun yang termasuk dalam grup semacam itu dapat diblokir untuk memasuki Kanada.

Pada bulan Februari, Kanada menyebut kelompok sayap kanan Proud Boys sebagai entitas teroris, dengan mengatakan bahwa kelompok itu "berperan penting" dalam serangan terhadap US Capitol.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)