Manuver Rusia Tenggelamkan 'Kapal Induk' di Dekat Hawaii Bikin AS Khawatir

loading...
Manuver Rusia Tenggelamkan Kapal Induk di Dekat Hawaii Bikin AS Khawatir
Kapal-kapal perang Rusia melakukan latihan perang besar-besaran di lepas pantai Hawaii. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia
HONOLULU - Militer Rusia menenggelamkan sebuah kapal induk tiruan dalam latihan perang besar-besaran di dekat Hawaii. Manuver itu telah membuat militer Amerika Serikat (AS) khawatir, di mana kelompok tempur kapal induk Amerika bergerak mendakati lokasi latihan tersebut dan menyiagakan jet-jet tempur siluman F-22 yang bermarkas di Pearl Harbor.

Kementerian Pertahanan Rusia telah mengumumkan telah menenggelamkan sebuah kapal induk tiruan di wilayah lepas pantai hanya berjarak 35 mil dari Hawaii, wilayah yang jadi negara bagian AS.

Baca juga: AL Rusia Gelar Latihan Terbesar sejak Perang Dingin di Hawaii

Sedikitnya 20 kapal perang, kapal selam, dan kapal pendukung Rusia, diapit oleh 20 jet tempur, ikut serta dalam latihan tersebut—yang terbesar sejak Perang Dingin.

Militer Rusia awalnya mengatakan bahwa mereka berada 300 mil di lepas pantai Hawaii, namun gambar satelit 19 Juni yang belum dikonfirmasi menunjukkan mereka lebih dekat, yakni sekitar 35 mil dari Hawaii.

Militer Moskow juga mengatakan pasukan mereka berada pada jarak sekitar 2.500 mil tenggara Kepulauan Kuril.



Menurut laporan media AS, The Drive, kapal-kapal perang Rusia sedang melakukan manuver di wilayah antara 300 hingga 500 mil di sebelah barat pulau-pulau utama Hawaii.

Manuver besar-besaran itu telah membuat Pentagon khawatir. Sudah dua kali pada bulan ini—pada 14 dan 18 Juni—AS menerbangkan jet-jet tempur siluman F-22 dari Hawaii sebagai tanggapan atas penerbangan beberapa pesawat pembom Rusia.

Pesawat-pesawat pembom Moskow tidak memasuki perimeter Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) AS, sehingga mereka tidak dicegat.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top