Diancam Akan Diisolasi, China: AS Pemeras!

Selasa, 22 Juni 2021 - 20:04 WIB
loading...
A A A
Di pertemuan G-7, para pemimpin juga secara kolektif mendorong Beijing untuk bekerja sama dengan upaya WHO yang akan datang untuk melacak asal-usul COVID-19.

"Apa yang dilakukan Joe Biden di Eropa minggu ini adalah menggalang dunia demokrasi untuk berbicara dengan suara yang sama mengenai masalah ini untuk pertama kalinya sejak COVID merebak," kata ajudan Gedung Putih itu.

"Presiden Trump tidak bisa melakukannya. Presiden Biden. Dia meminta G7 untuk mendukung sebuah pernyataan yang mengatakan secara serempak bahwa China harus mengizinkan penyelidikan untuk dilanjutkan di dalam wilayahnya," imbuhnya.

“Ini adalah kerja keras diplomatik - menggalang negara-negara di dunia, memaksakan tekanan politik dan diplomatik pada China - yang merupakan bagian inti dari upaya yang kami lakukan untuk akhirnya menghadapi China dengan pilihan yang sulit: apakah mereka akan mengizinkan, dengan cara yang bertanggung jawab, menyelidiki untuk melakukan pekerjaan nyata untuk mencari tahu dari mana asalnya, atau mereka akan menghadapi isolasi di masyarakat internasional," tambah Sullivan.



Pada 26 Mei, Biden mengatakan dia telah memberi waktu 90 hari kepada Komunitas Intelijen AS untuk meninjau semua bukti yang tersedia terkait asal usul COVID-19, dengan tujuan menyusun laporan baru yang dapat memberikan jawaban yang lebih pasti kepada pemerintah tentang apakah virus tersebut memiliki asal-usul alami atau buatan.

"Presiden berhak melalui analisis kami sendiri, upaya komunitas intelijen kami sendiri yang telah dia arahkan, dan melalui pekerjaan lain yang akan kami lakukan dengan sekutu dan mitra, untuk terus menekan di setiap lini sampai kami mencapai dasar bagaimana virus ini datang ke dunia," Sullivan menyimpulkan.

Menyusul pengumuman Biden bulan lalu, Kedutaan Besar China di Washington mengecamnya sebagai "kampanye kotor."
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)