Diancam Akan Diisolasi, China: AS Pemeras!

loading...
Diancam Akan Diisolasi, China: AS Pemeras!
China menyebut AS memeras setelah mengancam akan mengisolasi Beijing jika menolak kerja sama melakukan penyelidikan asal usul COVID-19. Foto/Ilustrasi
BEIJING - China menyesalkan upaya Amerika Serikat (AS) untuk "memeras" agar bekerja sama dalam upaya penelusuran lebih lanjut asal usul COVID-19 . Hal itu menanggapi pernyataan ajudan Gedung Putih yang memperingatkan Beijing akan menghadapi isolasi internasional jika menolak kerja sama untuk mencari asal usul COVID-19.

Sebelumnya penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden , Jake Sullivan mengatakan kepada Fox News bahwa AS dan sekutu utamanya dengan sengaja menumpuk tekanan pada China menjelang fase penyelidikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berikutnya.

"Pernyataan yang relevan oleh Amerika Serikat adalah pemerasan murni dan ancaman. China menyesalkan, menolak dan tidak akan pernah menerimanya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Beijing Zhao Lijian seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (22/6/2021).

Zhao mengatakan China telah membuat kontribusi positif pada upaya global untuk menemukan sumber virus Corona baru dengan dua kali menerima pakar WHO ke negara itu.

Dia mengacu pada dua misi WHO pada bulan Juli lalu dan Januari tahun ini. Yang pertama berakhir tanpa akses yang berarti ke area utama termasuk dugaan episentrum Wuhan, sedangkan investigasi lapangan kedua yang dilakukan lebih dari setahun setelah wabah dimulai menghasilkan laporan bersama WHO-China. Laporan itu menyimpulkan bahwa teori "kebocoran lab" yang kontroversial "sangat tidak mungkin."

Zhao mengatakan tidak ada alasan untuk menuduh China mengatakan tidak pada studi penelusuran asal usul COVID-19. Pejabat China menyebut komentar Sullivan menghasut dan sensasional.



China dengan keras membantah hubungan antara SARS-CoV-2 dan Institut Virologi Wuhan sejak anggota kunci pemerintahan Trump, termasuk mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, menuduh pejabat China menutupi kecelakaan laboratorium. Baru-baru ini, bagaimanapun, China telah melakukan ofensif, melemparkan tuduhan yang sama pada AS.

Zhao menuduh AS mempolitisasi upaya untuk melacak asal-usul virus Corona untuk mengalihkan perhatiannya dari respons buruknya sendiri terhadap pandemi, yang telah merenggut lebih dari 600.000 nyawa orang Amerika. Dia juga menyarankan para ahli WHO untuk melihat operasi keamanan hayati AS di Fort Detrick.

Baca juga: China Tantang Investigasi 'Pangkalan Rahasia' Senjata Biologi AS di Penjuru Dunia
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top