AS: China Hadapi 'Isolasi Internasional' Jika Tolak Kerjasama untuk Cari Asal Covid-19

Senin, 21 Juni 2021 - 23:25 WIB
loading...
AS: China Hadapi Isolasi Internasional Jika Tolak Kerjasama untuk Cari Asal Covid-19
AS menyatakan, China akan menghadapi isolasi dalam komunitas internasional jika tidak bekerja sama dengan penyelidikan tentang asal mula pandemi Covid-19. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyatakan, China akan menghadapi isolasi dalam komunitas internasionaljika tidak bekerja sama dengan penyelidikan tentang asal mula pandemi Covid-19. AS menuding China menghalangi proses penyelidikan asal muasal Covid-19.

"Ini adalah kerja keras diplomatik - mengumpulkan negara-negara di dunia, memaksakan tekanan politik dan diplomatik pada China, yang merupakan bagian inti dari upaya yang kami lakukan untuk akhirnya menghadapi China dengan pilihan yang tegas: Apakah mereka akan mengizinkan, dengan cara yang bertanggung jawab," ucap Penasihat Keamanan Gedung Putih, Jake Sullivan.

"Caranya, penyelidik melakukan pekerjaan nyata untuk mencari tahu dari mana asalnya, atau mereka akan menghadapi isolasi di komunitas internasional," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (21/6/2021).

Dia tidak merinci bagaimana Beijing mencegah penyelidikan yang sebelumnya dilakukan oleh tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang telah berkunjung ke Wuhan, tempat pertama kali virus itu terdeteksi.

Tim WHO menyimpulkan bahwa sangat tidak mungkin virus itu berasal dari laboratoriumdan sebaliknya menyarankan bahwa pandemi mematikan itu ditularkan ke manusia dari hewan liar. Yang diklarifikasi Sullivan adalah bahwa AS tidak hanya mengandalkan China untuk penyelidikan asal virus Corona.

“Presiden berhak melalui analisis kami sendiri, upaya komunitas intelijen kami sendiri yang telah dia arahkan dan melalui pekerjaan lain yang akan kami lakukan dengan sekutu, dan mitra untuk terus menekan di setiap lini sampai kami mengetahui bagaimana virus ini memasuki dunia," katanya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)