Kematian Global COVID-19 Tembus 4 Juta di Tengah Serbuan Varian Delta

Jum'at, 18 Juni 2021 - 14:35 WIB
loading...
A A A
India dan Brasil adalah negara yang melaporkan kematian paling banyak setiap hari dengan rata-rata tujuh hari dan masih bermasalah dengan masalah kremasi dan kurangnya ruang pemakaman.

"India menyumbang satu dari setiap tiga kematian yang dilaporkan di seluruh dunia setiap hari," menurut analisis Reuters.

Banyak pakar kesehatan percaya bahwa jumlah kematian resmi tidak terhitung secara global, dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bulan lalu memperkirakan kematian jauh lebih tinggi.



Pekan lalu, negara bagian Bihar di India menaikkan angka kematian COVID-19 secara tajam lebih tinggi setelah ditemukannya ribuan kasus yang tidak dilaporkan, menambah kekhawatiran bahwa jumlah kematian India secara keseluruhan jauh lebih banyak daripada angka resmi.

Ketika negara-negara miskin berjuang untuk menginokulasi populasi mereka karena kekurangan vaksin, negara-negara kaya telah didesak untuk menyumbang lebih banyak untuk mengendalikan pandemi.

"Masalah utama di Amerika adalah akses vaksin, bukan penerimaan vaksin," kata Direktur Organisasi Kesehatan Pan Amerika Carissa Etienne Rabu lalu, mendesak negara-negara donor untuk mengirim suntikan sesegera mungkin.

Negara-negara kaya Kelompok Tujuh (G-7) telah berjanji untuk memberikan 1 miliar vaksin COVID-19 untuk membantu negara-negara miskin memvaksinasi populasi mereka.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)