Duterte Incar Kursi Wapres Filipina setelah Lengser

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:03 WIB
loading...
Duterte Incar Kursi Wapres Filipina setelah Lengser
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto/Presidential Photos/Handout via REUTERS
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengaku berminat jadi wakil presiden (wapres) dalam pemilu tahun depan atau setelah lengsr. Menurutnya, menjadi wakil presiden adalah ide bagus karena dia memiliki urusan yang belum selesai, termasuk menyelesaikan masalah narkoba di negaranya.

Duterte, yang dilarang oleh konstitusi untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden, akan mengakhiri masa jabatan enam tahunnya pada Juni 2022. Namun, partainya mendorongnya untuk mencalonkan diri lagi sebagai wakil presiden.



“Ada banyak orang yang mendorong saya untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Itu ide yang bagus, terutama jika kita berbicara tentang masalah narkoba,” kata Duterte dalam pidatonya.

"Saya takut untuk generasi berikutnya," ujarnya.

Pernyataannya muncul sehari setelah jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengumumkan bahwa izin telah diminta untuk penyelidikan formal atas ribuan pembunuhan dalam perang melawan narkoba yang dilakukan oleh Duterte sejak 2016.

Juru bicara kepresidenan, Harry Roque, mengatakan Duterte tidak akan bekerja sama dengan ICC karena Filipina telah menarik keanggotaannya.

Statuta Roma ICC, bagaimanapun, memberikan yurisdiksi dengan kejahatan yang dilakukan saat sebuah negara menjadi anggota.

Desas-desus telah beredar bahwa Duterte mungkin mencoba untuk tetap berkuasa dengan mendukung pencalonan presiden oleh ajudan utamanya yang juga senator petahana, Christopher "Bong" Go.



Jajak pendapat menunjukkan Duterte tetap sangat populer di Filipina, meskipun jumlah korban tewas dalam perang narkoba sangat besar.

Tetapi Duterte pada hari Rabu mengatakan dia telah berjanji kepada sekutunya, anggota kongres Martin Romualdez—keponakan mantan Ibu Negara Imelda Marcos—bahwa dia akan mendukungnya jika dia memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

“Jika Romualdez maju, saya keluar," kata Duterte seperti dikutip Reuters, Kamis (17/6/2021).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)