AS Kalahkan Sistem Rudal S-400 Rusia dalam Latihan Perang Besar-besaran

loading...
AS Kalahkan Sistem Rudal S-400 Rusia dalam Latihan Perang Besar-besaran
Sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. Foto/Russia Today via The Drive
RABAT - Militer Amerika Serikat (AS) mengeklaim telah mengalahkan sepasang sistem rudal S-400 Rusia dalam serangan simulasi yang menjadi bagian dari latihan perang besar-besaran African Lion 2021.

Sistem misil canggih itu telah menjadi senjata kebanggan Moskow yang saat ini sedang gencar dipasarkan ke beberapa negara.

Baca juga: Arab Saudi Eksekusi Mati Pria Syiah karena Demo Anti-Rezim saat Usia 17 Tahun

S-400 tercatat sebagai sistem rudal udara (SAM) Rusia paling mematikan dengan spekulasi bahwa ia dapat menembak jatuh pesawat jet tempur siluman F-35 Amerika yang paling canggih.

Latihan tempur African Lion 2021 dimulai pada 7 Juni dengan 7.800 tentara di Maroko, Tunisia, dan Senegal dan akan berlanjut hingga Jumat (18/6/2021) besok. Latihan tahun lalu dibatalkan di tengah meningkatnya kasus COVID-19 di seluruh dunia.

Militer Amerika dan negara-negara Afrika melakukan Latihan Pos Komando (CPX), sebuah simulasi perang, di Maroko pekan lalu, di mana dua sistem rudal S-400 menjadi sasaran.



African Lion adalah latihan militer multinasional tahunan yang digelar oleh Satuan Tugas Eropa Selatan-Afrika (SETAF-AF), formasi Angkatan Darat AS yang menggantikan Angkatan Darat AS-Afrika.

Menurut penjelasan di situs webnya, tujuan dari seri ini adalah untuk meningkatkan interoperabilitas AS, negara-negara mitra dan organisasi regional untuk mengatasi ketidakstabilan regional, melakukan operasi perdamaian, melawan organisasi ekstremis kekerasan, menjaga keamanan lintas batas dan melawan ancaman transnasional.

Baca juga: AS Tekan UAE Depak Huawei China atau Kehilangan Jet Tempur Siluman F-35
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top