AS Tekan UEA Depak Huawei China atau Kehilangan Jet Tempur Siluman F-35

Sabtu, 12 Juni 2021 - 07:44 WIB
loading...
AS Tekan UEA Depak Huawei China atau Kehilangan Jet Tempur Siluman F-35
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Joe Biden menekan Uni Emirat Arab (UEA) untuk menghapus Huawei Technologies Co dari jaringan telekomunikasinya dan mengambil langkah lain untuk menjauhkan diri dari China. Jika tidak melakukannya, maka negara Teluk itu risiko gagal memperoleh 50 unit jet tempur siluman F-35 dan senjata canggih lainnya dari Amerika Serikat (AS).

Sumber-sumber yang mengetahui langkah pemerintah AS itu mengungkapkannya kepada Bloomberg News, Jumat (11/6/2021). Abu Dhabi dan Washington sebelumnya telah mencapai kesepakatan untuk membeli puluhan jet tempur F-35 dan drone tempur canggih Amerika dengan total nilai kesepakatan sekitar USD23 miliar.



AS meminta UEA untuk menghapus peralatan Huawei dari jaringan telekomunikasinya dalam empat tahun ke depan—sebelum dijadwalkan untuk mendapatkan F-35 pada tahun 2026 atau 2027—tetapi para pejabat Emirat menyatakan bahwa mereka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan alternatif itu. Demikian disampaikan tiga sumber yang berbicara dengan syarat anonim.

Pembicaraan telah beralih sebagian pada kelayakan untuk memperoleh peralatan alternatif dari Samsung Electronics Co, Ericsson AB atau Nokia Oyj.

Perselisihan tentang penggunaan Huawei oleh UEA telah memanas sejak pemerintahan Donald Trump, ketika para pejabat AS tidak berhasil membujuk Emirat—sekutu penting di wilayah yang bergejolak di Timur Tengah—untuk membalikkan dorongan untuk hubungan militer dan ekonomi yang lebih kuat dengan China, yang mencari peningkatan pengaruh di Timur Tengah.

Beberapa orang yang mengetahui situasi tersebut mengatakan bahwa pejabat administrasi Trump pada awalnya membujuk pejabat Emirat untuk menggantikan Huawei dan mendahului rencana China untuk membangun pangkalan di wilayah tersebut. Tetapi Emirat bersikeras pada bahasa yang lebih ambigu dalam kesepakatan yang disimpulkan pada jam-jam terakhir lengsernya kepresidenan Donald Trump.

Presiden Joe Biden mengumumkan tinjauan penjualan F-35 ketika dia mulai menjabat. Penjualan sedang berlangsung untuk saat ini, tetapi orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan perbedaan atas apa yang disepakati AS dan UEA—tentang Huawei dan kekhawatiran lain tentang teknologi China—cukup serius sehingga masih belum ada jaminan bahwa Emirat akan mendapatkan jet tempur siluman F-35 buatan Lockheed Martin Corp.

Situasi ini memberikan indikasi awal bahwa pemerintahan Biden akan mengejar upaya tim Trump untuk menekan sekutu untuk melarang Huawei—perusahaan teknologi terbesar China—dari sistem 5G baru dengan argumen bahwa peralatan tersebut dapat digunakan sebagai mata-mata untuk pemerintah China. Namun, China telah menyangkal kemungkinan itu.



Pejabat AS menolak untuk mengatakan secara terbuka jika mereka menuntut agar UEA menghapus dan mengganti Huawei.

“Pemerintahan Biden-Harris memandang keamanan 5G sebagai prioritas tinggi,” kata Stephen Anderson, pelaksana tugas (plt) wakil asisten menteri luar negeri untuk kebijakan komunikasi dan informasi internasional, dalam sebuah pernyataan.

"Amerika Serikat bekerja dengan sekutu dan mitra untuk mendukung beragam rantai pasokan peralatan dan layanan telekomunikasi yang dapat dipercaya," katanya.

Seseorang yang akrab dengan posisi negosiasi UEA, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena pertimbangan pribadi, mengatakan negara itu memahami pentingnya melindungi teknologi sensitif. Orang itu mengatakan pembicaraan telah membuat kemajuan yang baik dan ada banyak waktu untuk mengerjakan detail teknis.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan dalam sebuah pernyataan; "Kami berbagi pandangan bahwa kerja sama China-UEA melayani kepentingan bersama kedua belah pihak dan menguntungkan kedua bangsa dan bahwa tidak ada hubungannya dengan dan tidak menoleransi campur tangan pihak ketiga.”

Situasi ini mengingatkan pada kebuntuan AS dengan Turki, yang terputus oleh Pentagon sebagai pembeli dan pemasok suku cadang untuk F-35 setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia saat ia memperdalam hubungannya dengan musuh AS tersebut.

Demikian pula, UEA telah berusaha untuk memelihara aliansi lamanya dengan AS sementara juga memupuk hubungan ekonomi dan keamanan yang lebih dekat dengan China sebagai lindung nilai terhadap berkurangnya keterlibatan Amerika di wilayah tersebut. Para pemimpin Emirat juga terkesima oleh keinginan pemerintahan Biden untuk kembali ke perjanjian nuklir Iran yang ditinggalkan Trump pada 2018. China, bersama dengan kekuatan dunia lainnya, terlibat dalam negosiasi untuk memulihkan kesepakatan nuklir 2015 tersebut.

Bagi AS, keseimbangannya rumit: UEA memainkan peran penting di kawasan itu dan merupakan penggerak utama di balik Kesepakatan Abraham yang menormalkan hubungan dengan Israel. Tetapi terlalu banyak menekan para pemimpin Emirat atas Huawei berisiko mendorong UEA— dan negara-negara lain—lebih jauh ke dalam pelukan China.

"Hubungan yang berkembang dengan China membuat pemerintah AS gugup, tetapi sudah terlambat untuk membalikkannya,” kata Karen Young, seorang fellow senior di Middle East Institute, saat membicarakan tentang UEA.

"Saya tidak berpikir mereka akan pernah menjadi teman, dan China tidak akan pernah menjadi penjamin keamanan untuk Teluk, tetapi mereka berguna.”

Keputusan akhir pemerintahan Biden tentang F-35 tidak harus dibuat sebelum masa jabatannya saat ini berakhir pada 2024. Di antara pertimbangannya: meskipun jaringan komunikasi jet dianggap relatif aman dari penyadapan China, kehadiran Huawei di jaringan komersial Emirat berpotensi memungkinkan China untuk memata-matai pilot, kontraktor, dan lainnya di pangkalan tempat F-35 akan ditempatkan.

AS juga khawatir bahwa China dapat mencuri teknologi untuk drone AS yang akan menjadi bagian dari penjualan.

Tokoh-tokoh terkemuka di Emirat belum secara terbuka menentang AS atas tuntutannya untuk menghapus Huawei, tetapi mereka telah menjelaskan ketidakpuasan mereka dengan permintaan AS mengingat pejabat Amerika masih belum menawarkan alternatif yang layak.

China adalah mitra dagang utama UEA pada tahun 2020 dengan total perdagangan USD53,67 miliar, lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan AS.

Huawei adalah perusahaan mitra UEA untuk meluncurkan jaringan 5G dalam kesepakatan yang diumumkan pada 2019. Pada saat itu operator telekomunikasi UEA Etisalat mengatakan Huawei akan membangun 300 menara 5G dalam enam bulan, menjelang Dubai Expo 2020.

Tahun lalu Huawei mem-posting kepala petugas keamanan ke UEA, mengatakan akan bekerja dengan negara Teluk pada keamanan siber dan mendirikan kota pintar—daerah perkotaan yang mengumpulkan data menggunakan metode elektronik.

“Kami harus dapat menguji dan bereksperimen dengan teknologi dengan semua orang dan memutuskan apa yang benar-benar paling berguna dan aman serta komersial bagi kami,” kata Khaldoon Al Mubarak, kepala eksekutif dana kekayaan Abu Dhabi Mubadala Investment Co, yang juga utusan khusus UEA untuk China, kepada mantan Menteri Keuangan AS Hank Paulson di podcast-nya "Straight Talk" pada 28 Mei.

"Penggantian apa pun harus menjadi alternatif yang kompetitif, tidak hanya dari perspektif harga tetapi juga dari perspektif teknologi," katanya.

Sebelumnya, para pejabat pemerintahan Biden menunjukkan skeptisisme terhadap kemampuan UEA untuk melindungi teknologi AS dan terhadap janji apa pun yang mungkin dibuat untuk tidak menggunakan persenjataan Amerika dalam konflik yang ditentang AS, seperti di Libya atau Yaman.

Dana Stroul, yang sekarang menjadi wakil asisten menteri pertahanan untuk Timur Tengah, dan Barbara Leaf, mantan duta besar untuk UEA yang telah dinominasikan Biden sebagai asisten menteri luar negeri untuk Urusan Timur Dekat, menyoroti kekhawatiran tersebut dalam sebuah artikel di “War on the Rocks” tahun lalu.

“Kebijakan yang berbeda dari Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab—termasuk penggunaan kekuatan militer, perilaku dalam pertempuran dan pemanfaatan artikel pertahanan AS—harus dipertimbangkan sebagai bagian dari pertimbangan F-35,” tulis mereka.

Analis mengatakan UEA tidak ingin mengganti atau mereplikasi hubungannya dengan AS, tetapi para pemimpinnya di sana melihat keselarasan strategis dengan model China, dengan fokusnya pada pengembangan ekonomi dan teknologi, dan stabilitas sistem politiknya—khususnya setelah gejolak di AS dan perubahan dramatis dalam kebijakan luar negeri AS yang menyertai peralihan dari mantan Presiden Barack Obama ke Trump, dan sekarang ke Biden.

“Hubungan UEA dengan China lebih dari sekadar teknologi,” kata Jonathan Fulton, fellow senior di Atlantic Council dan spesialis hubungan China-Teluk. “Ini benar-benar tentang apa yang mereka lihat sebagai mitra jangka panjang yang dapat diandalkan.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)