Facebook Menangguhkan Akun Trump selama Dua Tahun, Ini Reaksinya

Sabtu, 05 Juni 2021 - 22:03 WIB
loading...
Facebook Menangguhkan Akun Trump selama Dua Tahun, Ini Reaksinya
Mantan Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Facebook Inc secara resmi menangguhkan akun Facebook dan Instagram mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump selama dua tahun.

Trump dilarang tanpa batas dari kedua situs itu pada Januari setelah posting yang dia buat tentang kerusuhan US Capitol, tetapi bulan lalu Dewan Pengawas Facebook mengkritik hukuman terbuka itu.

Facebook mengatakan tindakan Trump adalah, "Pelanggaran berat terhadap aturan kami."



Trump mengatakan langkah Facebook adalah "penghinaan" bagi jutaan orang yang memilihnya dalam pemilu presiden tahun lalu.



Langkah Facebook dilakukan ketika raksasa media sosial itu juga mengakhiri kebijakan yang melindungi para politisi dari beberapa aturan moderasi konten.



Dikatakan bahwa Facebook tidak akan lagi memberikan kekebalan kepada para politisi untuk konten yang menipu atau kasar berdasarkan komentar mereka yang layak diberitakan.

“Larangan Trump berlaku efektif sejak tanggal penangguhan awal pada 7 Januari,” ungkap wakil presiden urusan global Facebook Nick Clegg dalam satu posting.

“Mengingat beratnya keadaan yang menyebabkan penangguhan Trump, kami percaya tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami yang pantas mendapatkan hukuman tertinggi yang tersedia,” ujar dia.

"Jika kami menentukan bahwa masih ada risiko serius terhadap keselamatan publik, kami akan memperpanjang pembatasan untuk jangka waktu tertentu dan terus mengevaluasi kembali sampai risiko itu surut," ujar dia.

“Setelah itu, Trump akan dikenakan seperangkat sanksi ketat yang meningkat dengan cepat, untuk setiap pelanggaran,” tutur Clegg.

Bagaimana reaksi Trump? Dalam pernyataan yang dikeluarkan dari komite aksi politik Save America miliknya, Trump mengatakan, "Putusan Facebook adalah penghinaan terhadap 75 juta orang yang memecahkan rekor, ditambah banyak orang lain, yang memilih kami ..."

"Mereka seharusnya tidak dibiarkan lolos dengan penyensoran dan pembungkaman ini, dan pada akhirnya, kita akan menang. Negara kita tidak dapat menerima pelecehan ini lagi!" tegas Trump.

Dalam pernyataan kedua tentang larangan selama dua tahun, Trump menyerang pendiri Facebook.

"Lain kali saya di Gedung Putih, tidak akan ada makan malam lagi, atas permintaannya, dengan Mark Zuckerberg dan istrinya," ungkap mantan presiden itu.

Trump menegaskan, "Semuanya akan menjadi bisnis!"

Langkah Facebook memungkinkan Trump kembali ke platform sebelum pemilu presiden 2024.

Saat ini dia bersiap mengadakan lagi pawai langsung berskala besar yang merupakan bagian dari kampanye dan pencalonannya sebagai presiden. Salah satu yang pertama direncanakan untuk Dallas, Texas, pada awal Juli, menurut media lokal.

Awal pekan ini, terungkap bahwa platform komunikasi yang didirikan Trump setelah larangan media sosialnya, From the Desk of Donald J Trump, telah ditutup secara permanen.

Selain Facebook, yang memiliki lebih dari dua miliar pengguna bulanan, Trump juga telah dilarang dari Twitter, YouTube, Snapchat, Twitch, dan platform media sosial lainnya selama kerusuhan Januari.

Bulan lalu, Gubernur Florida Ron DeSantis, sekutu Trump dari Partai Republik, menandatangani undang-undang pertama di AS yang menghukum perusahaan teknologi karena mengubah kebijakan terhadap para politisi.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)