Partai Penguasa Korut Buat Jabatan 'Orang Kedua' di Bawah Kim Jong-un

Selasa, 01 Juni 2021 - 20:38 WIB
loading...
A A A
Jo, yang dianggap sebagai salah satu pembantu terdekat Kim, terlihat oleh para analis pada pertemuan bulan Januari lalu memegang posisi nomor 3 pemerintah, setelah Kim dan Choe Ryong-hae, ketua Komite Tetap Majelis Rakyat Tertinggi.

"Ini tampaknya menjadi tren yang lebih luas dari Korea Utara yang mendelegasikan dan mendistribusikan kembali beberapa tugas Kim Jong-un kepada orang lain, belum tentu kekuatannya, dan merampingkan struktur kepemimpinan partai," kata Rachel Minyoung Lee, seorang pengamat di North38, program pemantau Korut yang berbasis di AS.

Perubahan itu kemungkinan akan memengaruhi profil publik Kim dan bagaimana panduan kepemimpinan diberikan kepada publik, katanya, seraya menambahkan bahwa Jo telah mengambil peran dalam memimpin sesi-sesi partai.

Kim Jong-un telah memegang kekuasaan hampir absolut dalam sistem dinasti Korut sejak mengambil alih setelah kematian ayahnya pada tahun 2011.



Tahun lalu seorang anggota parlemen Korsel mengatakan badan intelijen negara itu percaya bahwa saudara perempuan Kim, Kim Yo-jong, menjabat sebagai "pemimpin kedua secara de facto" tetapi belum tentu ditunjuk sebagai penggantinya.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)