Partai Penguasa Korut Buat Jabatan 'Orang Kedua' di Bawah Kim Jong-un

Selasa, 01 Juni 2021 - 20:38 WIB
loading...
Partai Penguasa Korut Buat Jabatan Orang Kedua di Bawah Kim Jong-un
Partai penguasa Korut buat jabatan Orang Kedua di bawah Kim Jong-un. Foto/Japan Times
A A A
SEOUL - Partai penguasa Korea Utara (Korut) telah mengubah aturannya untuk membuat de facto orang kedua di bawah pemimpin Kim Jong-un saat ia berupaya mengubah politik dalam negeri. Demikian laporan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap.

Mengutip sumber tak dikenal yang akrab dengan Korut , badan tersebut mengatakan pemegang jabatan baru "sekretaris pertama" akan memimpin pertemuan atas nama Kim Jong-un.

Kim memperkuat kekuasaannya di kongres Partai Pekerja Korea (WPK) pada Januari, ketika ia terpilih sebagai sekretaris jenderalnya, mengambil gelar terakhir yang dipegang oleh mendiang ayahnya Kim Jong-il.

Sekarang Kim menginginkan peran yang lebih besar dalam pemerintahan untuk partai tersebut, dibandingkan dengan pemerintahan ayahnya yang lebih berpusat pada militer.



"Istilah 'politik yang mengutamakan militer', kata kunci utama di era Kim Jong-il, diketahui telah dihapus dari kata pengantar peraturan partai," katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (1/6/2021).

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan peraturan partai baru dipublikasikan di Korut setelah pertemuan Januari. Tetapi kementerian yang bertanggung jawab atas hubungan dengan negara tetangga itu mengatakan tidak dapat mengungkapkan rinciannya.

Kim Jong-un sendiri telah menggunakan sebutan "sekretaris pertama" dari tahun 2012 hingga 2016.

"Jabatan baru, yang paling senior dari tujuh sekretaris partai, kemungkinan akan diambil oleh Jo Yong-won, yang merupakan anggota dari lima presidium politbiro," tulis Yonhap.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)