Dewan HAM PBB Akan Investigasi Kekerasan Israel di Jalur Gaza

Jum'at, 28 Mei 2021 - 02:44 WIB
loading...
A A A


Dia juga menggambarkan tembakan roket Hamas ke Israel sebagai tanpa pandang bulu dan merupakan "pelanggaran yang jelas" terhadap hukum humaniter internasional.

Pemungutan suara itu dilakukan setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyelesaikan tur tiga harinya di Timur Tengah.

Pada hari Selasa ia mengunjungi Tepi Barat, menyerukan agar gencatan senjata diperkuat dan menjanjikan bantuan untuk membangun kembali Gaza.

Dia mengatakan AS sedang bekerja dengan komunitas internasional, Otoritas Palestina dan Israel untuk membantu dalam upaya bantuan dan pemulihan di Gaza, termasuk dana USD5,5 juta dalam bentuk bantuan bencana segera.



Sebelumnya Blinken menegaskan kembali "komitmen kuat" AS untuk keamanan Israel.

Setidaknya 242 orang tewas di Gaza dan 13 tewas di Israel dalam pertempuran sengit selama 11 hari yang berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Mesir pada hari Jumat pekan lalu.

Kekerasan itu terjadi setelah berminggu-minggu ketegangan antara Israel-Palestina yang meningkat di Yerusalem Timur yang diduduki yang berpuncak pada bentrokan di situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi.

Hamas mulai menembakkan roket ke Israel setelah sebelumnya memperingatkan negara Zionis itu untuk menarik diri dari Masjid Al-Aqsa, memicu serangan udara balasan dari Israel dengan sasaran Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)