Bak Sekutu Abadi, Ini Daftar Presiden AS yang Bela Israel dari Masa ke Masa

Senin, 17 Mei 2021 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Juni 1967, Israel melancarkan serangan udara ke Mesir yang memulai apa yang disebut Perang Enam Hari. Konflik, yang juga melibatkan Yordania dan Suriah, membuat Israel mengambil sebagian besar tanah termasuk Tepi Barat dan Gaza, dan Dataran Tinggi Golan Suriah.

Presiden AS Lyndon B Johnson menceritakan dalam artikel New York Times tahun 1971, "Saya dapat memahami bahwa laki-laki mungkin memutuskan untuk bertindak sendiri ketika pasukan musuh berkumpul di perbatasan mereka dan memotong pelabuhan utama, dan ketika para pemimpin politik antagonis mengisi udara dengan ancaman untuk menghancurkan bangsa mereka."

“Meskipun demikian, saya tidak pernah menyembunyikan penyesalan saya bahwa Israel memutuskan untuk bergerak ketika itu terjadi. Saya selalu membuatnya sama jelasnya, bagaimanapun, kepada Rusia dan setiap negara lain, bahwa saya tidak menerima tuduhan yang terlalu disederhanakan atas agresi Israel. Tindakan Arab di minggu-minggu sebelum perang dimulai—memaksa pasukan PBB keluar, menutup pelabuhan Aqaba dan mengumpulkan pasukan di perbatasan Israel—membuat tuduhan itu konyol."

Harry S Truman, 1948

Pada tanggal 14 Mei 1948, kepala Badan Yahudi memproklamasikan pembentukan negara merdeka Israel sebagai berakhirnya mandat kolonial Inggris atas wilayah tersebut. Presiden AS Harry S Truman segera mengakui negara baru yang berdaulat itu.

"Pemerintah ini telah diberi tahu bahwa negara Yahudi telah diproklamasikan di Palestina, dan pengakuan telah diminta oleh pemerintah sementara," bunyi pernyataan yang ditandatangani oleh Truman saat itu.

"Amerika Serikat mengakui pemerintah sementara sebagai otoritas de facto dari Negara Israel yang baru.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)