Bak Sekutu Abadi, Ini Daftar Presiden AS yang Bela Israel dari Masa ke Masa

Senin, 17 Mei 2021 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Pemberontakan meletus ketika Presiden AS Ronald Reagan mulai mendukung peran Israel sebagai "aset strategis yang unik", membuat bantuan untuk Israel lebih mudah tersedia dan memberi negara itu akses khusus ke teknologi militer AS.

Meskipun secara umum menentang kritik terhadap Israel, pemerintahan Reagan pada tahun 1987 mengutuk pasukan keamanan Israel karena tindakan keamanan yang keras dan penggunaan peluru tajam secara berlebihan.

Penggantinya, George HW Bush, mengambil sikap yang relatif lebih tegas dengan Israel, mendorong penundaan jaminan pinjaman dengan imbalan penghentian pembangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki dan partisipasi dalam Konferensi Perdamaian Madrid tahun 1991.

Ronald Reagan, 1982

Reagan mengakui bahwa Israel tidak memberikan peringatan ketika militernya menyerbu Lebanon selatan pada Juni 1982 di tengah pertempuran lintas perbatasan. Ketika ditanya tentang kegagalan AS untuk mengutuk tindakan tersebut, atau menghentikan penjualan senjata ke Israel, Reagan mengatakan kepada wartawan, "Situasinya sangat rumit dan tujuan yang ingin kami kejar adalah apa yang mendikte perilaku kami saat ini."

Namun, dia membantah memberi Israel "lampu hijau" untuk invasi tersebut, dengan mengatakan, "Kami terkejut sama seperti siapa pun, dan kami menginginkan solusi diplomatik dan yakin mungkin ada salah satunya."

Richard Nixon, 1973

Pada bulan Oktober 1973, beberapa negara Arab yang dipimpin oleh Mesir dan Suriah melancarkan serangan militer dalam upaya untuk mendapatkan kembali semenanjung Sinai dan Dataran Tinggi Golan, yang telah direbut Israel selama perang 1967 dan terus diduduki.

Menyusul serangan balik yang gagal, AS mulai menerbangkan senjata ke Israel, dengan Presiden AS Richard Nixon dikreditkan oleh Perdana Menteri Israel saat itu Golda Meir sebagai yang mempercepat transfer. Senjata tersebut secara luas dilihat sebagai membalikkan gelombang konflik, yang menurut Nixon kepada Kongres penting dalam konfrontasi Perang Dingin yang lebih luas dengan Uni Soviet, yang mendukung negara-negara Arab.

Lyndon B Johnson, 1967
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)