Sejarah Panjang Konfrontasi Hamas dengan Israel

Sabtu, 15 Mei 2021 - 06:07 WIB
loading...
Sejarah Panjang Konfrontasi Hamas dengan Israel
Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas melancarkan konflik paling intens mereka setelah bertahun-tahun. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
GAZA - Jalur Gaza , Palestina kembali memanas setelah Hamas melancarkan serangan roket ke Israel pada awal pekan ini. Serangan itu adalah sebagai respons atas kebrutalan militer Israel yang menggerebek dan menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa . Aksi kekerasan tentara Israel juga terjadi saat mengusir warga Palestina di Sheikh Jarah untuk memberikan tempat bagi pemukim Yahudi.

Israel pun tidak tinggal diam. Zionis bertindak cepat dengan melancarkan serangan udara membabi buta ke Jalur Gaza, yang berada di bawah kendaliHamas. Militer Israel telah meluncurkan lebih dari 600 serangan udara, menghancurkan setidaknya tiga gedung apartemen bertingkat tinggi, dan telah menembaki beberapa daerah dengan tank yang ditempatkan di dekat perbatasan.

Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas melancarkan konflik paling intensdalam tujuh tahun terakhir. Berikut adalah beberapa peristiwa penting dalam konfrontasi keduanya selama bertahun-tahun yang disadur dari Reuters, Sabtu (15/5/2021).



1987 - Hamas dibentuk pada awal Intifadah Palestina pertama, atau pemberontakan, melawan pendudukan Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Dua tahun kemudian, Hamas melakukan serangan pertamanya terhadap sasaran militer Israel, termasuk penculikan dan pembunuhan dua tentara Israel.

1993 - Setelah bertahun-tahun kekerasan, Kesepakatan Oslo pertama, yang bertujuan untuk membangun perdamaian antara Israel dan Palestina, ditandatangani. Hamas menentang proses perdamaian ini, dan berusaha menggagalkannya dengan pemboman bus serta serangan senjata di Israel.

2000 - Israel dan Palestina gagal mencapai kesepakatan akhir dalam proses perdamaian pada pertemuan puncak di Amerika Serikat pada Juli 2000. Dua bulan kemudian, protes Palestina atas kunjungan pemimpin oposisi Israel Ariel Sharon ke kompleks Masjid al-Aqsa di Yerusalem Timur - yang oleh orang Yahudi dikenal sebagai Temple Mount, karena itu adalah situs kuil Yahudi kuno, dan bagi umat Muslim sebagai Tempat Suci yang Mulia - berkembang menjadi Intifada Kedua.

2001-02 - Hamas melakukan serangkaian pemboman bunuh diri di Israel, termasuk membunuh 21 orang Israel di luar disko Tel Aviv pada bulan Juni 2001, dan 30 orang saat perayaan Yahudi pada makan malam Paskah di Netanya pada bulan Maret 2002. Empat bulan kemudian, komandan militer Hamas Salah Shehadeh tewas dalam serangan udara Israel, dan Israel mulai mengepung kompleks pemimpin Palestina Yasser Arafat di kota Ramallah, Tepi Barat.

Maret-April 2004 - Serangan udara Israel membunuh salah satu pendiri dan pemimpin spiritual Hamas, Sheikh Ahmed Yassin, serta salah satu pendiri dan pemimpin politik Abdel Aziz al-Rantissi, di Gaza dalam waktu satu bulan satu sama lain. Pimpinan Hamas bersembunyi dan identitas penerus Rantissi dirahasiakan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)