AS Akhiri Wajib Masker bagi Orang yang Divaksin COVID-19, Biden: Great Day!

Jum'at, 14 Mei 2021 - 13:45 WIB
loading...
AS Akhiri Wajib Masker bagi Orang yang Divaksin COVID-19, Biden: Great Day!
Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis mengakhiri wajib bermasker bagi orang-orang yang telah divaksin anti- COVID-19 . Presiden Joe Biden memuji momen itu sebagai "great day" atau "hari hebat".

CDC telah memperbarui pedoman yang telah dikeluarkan, yakni orang-orang yang telah divaksinasi penuh tidak perlu memakai masker di luar ruangan dan dapat pula menghindari pememakainnya di dalam ruangan di sebagian besar tempat.



CDC, yang berharap pedoman tersebut akan mendorong lebih banyak orang Amerika untuk divaksinasi, juga mengatakan orang yang diimunisasi lengkap tidak perlu melakukan jarak secara fisik di banyak tempat.

Perubahan pedoman terjadi hanya 16 hari sejak CDC mengeluarkan pedoman yang direvisi yang meninggalkan banyak pembatasan bagi orang yang divaksinasi. Badan tersebut mendapat kecaman pada bulan Maret karena awalnya mengecilkan hati kakek nenek yang diimunisasi untuk terbang mengunjungi orang yang dicintai.

Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan pedoman baru itu didasarkan pada penurunan tajam kasus infeksi COVID-19, perluasan vaksin untuk orang yang lebih muda dan kemanjuran vaksin terhadap varian virus corona SARS CoV-2 penyebab COVID-19.

“Kami mengikuti sains di sini,” kata Walensky, seperti dikutip Reuters, Jumat (14/5/2021).

Presiden Joe Biden muncul di Gedung Putih untuk memberikan sambutan tanpa masker. “Saya pikir ini adalah pencapaian yang luar biasa, hari yang hebat," katanya.

“Jika Anda telah divaksinasi penuh dan dapat melepas masker Anda, Anda berhak melakukan sesuatu yang dikenal oleh orang Amerika di seluruh dunia: menyapa orang lain dengan senyuman,” katanya sambil tersenyum singkat.

Biden sebelumnya melepaskan maskernya selama pertemuan dengan para anggota Parlemen. Hal itu diungkap Senator Partai Republik Shelly Moore Capito kepada wartawan.

Beberapa jurnalis di Gedung Putih juga melepas masker mereka.

CDC telah menghadapi kritik, bahkan dari pejabat kesehatan masyarakat, karena terlalu berhati-hati dalam pedomannya.

Kritikus mengatakan orang perlu melihat lebih banyak manfaat mendapatkan vaksinasi dalam hal kembali ke aktivitas normal.

"Dalam beberapa minggu terakhir, kami telah melihat data tambahan untuk menunjukkan vaksin ini bekerja di dunia nyata, mereka sesuai dengan variannya, dan orang yang divaksinasi cenderung tidak menularkan virus," kata badan itu dalam rilis berita.

"Kami perlu meluangkan waktu untuk meninjau seluruh bukti untuk mendapatkan hak ini, dan itulah cara kami mengambil keputusan ini."



Dr William Schaffner, seorang dokter penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center, mengatakan dia mendukung panduan baru yang diminta oleh banyak orang.

Menurutnya, orang-orang di departemen kesehatan negara bagian dan dokter penyakit menular telah mengatakan ini selama beberapa waktu karena mereka sangat terkesan dengan keefektifan vaksin, dan juga, mereka merasa bahwa orang yang divaksinasi membutuhkan penghargaan.

Senator Partai Republik Susan Collins menyebut pedoman itu "terlambat". "Jika orang menemukan bahwa mereka tidak dapat melakukan sesuatu yang berbeda setelah mendapatkan vaksin, mereka tidak akan melihat manfaatnya mendapatkan vaksinasi,” katanya.

Panduan yang direvisi adalah langkah besar untuk kembali ke kehidupan pra-pandemi, tetapi badan tersebut masih merekomendasikan orang yang divaksinasi untuk memakai masker di pesawat dan kereta api, dan di bandara, pusat transit, angkutan massal, dan tempat-tempat seperti rumah sakit dan kantor medis.

Pejabat di beberapa negara bagian mengatakan mereka akan segera meninjau persyaratan masker yang ada.

Asosiasi Pemimpin Industri Ritel mengatakan pengumuman itu menciptakan ambiguitas karena gagal sepenuhnya selaras dengan perintah negara bagian dan pemerintah lokal.

"Sangat penting bagi pelanggan untuk mengingat pengumuman CDC adalah panduan dan bahwa banyak yurisdiksi negara bagian dan lokal masih memiliki mandat rahasia yang harus diikuti oleh peritel," kata jaringan supermarket Kroger Co, yang akan mempertahankan persyaratan pemakaian masker.

Jaringan Target Corp mengatakan akan terus mewajibkan langkah-langkah keamanan virus corona di semua toko, termasuk pemakaian masker dan menjaga jarak sosial, sambil meninjau panduan tersebut.

United Food and Commercial Workers International Union (UFCW), yang mewakili 1,3 juta pekerja ritel dan grosir, menyebut pedoman baru CDC itu “membingungkan".

"Gagal untuk mempertimbangkan bagaimana hal itu akan berdampak pada pekerja penting yang sering menghadapi paparan individu yang tidak divaksinasi dan menolak untuk memakai masker," kata UFCW.

Pemerintah AS bulan lalu memperpanjang persyaratan pemakaian masker di seluruh jaringan transportasi hingga 13 September. Administrasi Keamanan Transportasi mengatakan akan bekerja sama dengan CDC untuk mengevaluasi kebutuhan akan pedoman tersebut.

Walensky mengatakan CDC akan segera mengeluarkan panduan transit terbaru.

Panduan baru mengatakan orang Amerika yang divaksinasi dapat melanjutkan semua perjalanan, tidak perlu karantina setelah perjalanan internasional dan tidak perlu dites untuk COVID-19 jika terpapar pada seseorang yang positif COVID-19 tetapi tanpa gejala.

Namun, orang Amerika masih menghadapi beberapa pembatasan perjalanan internasional, termasuk perjalanan yang tidak penting ke Kanada.



Masker menjadi masalah politik di Amerika Serikat dengan Presiden saat itu, Donald Trump, menolak mandat memakai masker wajah. Sedangkan Presiden Joe Biden menggunakan masker dan mengamanatkannya untuk pusat transit.

Beberapa negara bagian AS mengeluarkan mandat pemakaian masker agresif, sementara yang lain menolak beberapa bulan lalu.

CDC mengatakan orang yang divaksinasi penuh harus tetap memakai masker jika diwajibkan oleh undang-undang federal, negara bagian, lokal, kesukuan atau teritorial, dan mematuhi aturan dan peraturan yang ditetapkan oleh bisnis dan tempat kerja lokal.

Pada akhir April, CDC mengatakan orang yang divaksinasi penuh dapat dengan aman terlibat dalam aktivitas luar ruangan seperti berjalan kaki dan hiking tanpa masker, tetapi merekomendasikan penggunaan berkelanjutan di ruang publik di mana mereka diperlukan.

"Orang yang kekebalannya terganggu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melepaskan masker, dan mereka yang tidak divaksinasi harus terus memakainya," kata Walensky.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)