Laporan Intelijen: Iran Dorong Program Senjata Pemusnah Massal

Kamis, 06 Mei 2021 - 00:01 WIB
loading...
Laporan Intelijen: Iran Dorong Program Senjata Pemusnah Massal
Citra satelit dari Maxar Technologies pada 8 Januari 2020 menunjukkan fasilitas nuklir Natanz di selatan Teheran, Iran. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran melakukan beberapa upaya untuk memperoleh teknologi pada 2020 untuk mendukung program senjata pemusnah massal (WMD) dan secara konsisten mencoba mengembangkan senjata atom.

Pernyataan itu diungkapkan dalam laporan intelijen Belanda yang baru dirilis.

“Badan Intelijen dan Keamanan Umum Belanda menerbitkan laporan pada April yang menyelidiki jaringan yang telah berusaha mendapatkan lebih banyak wawasan tentang materi dan pengetahuan untuk mengembangkan WMD,” papar laporan media berita online Fox News pada Selasa (4/5).



“Unit Kontra-proliferasi gabungan (UCP) dari AIVD (Badan Intelijen dan Keamanan Umum) dan MIVD (Badan Intelijen dan Keamanan Militer negara) sedang menyelidiki bagaimana negara-negara mencoba memperoleh pengetahuan dan barang yang mereka butuhkan untuk membuat senjata pemusnah massal,” ungkap laporan Belanda itu.



Badan tersebut mengatakan di bawah mandatnya, mereka "melakukan penyelidikan, memberikan informasi, dan memobilisasi pihak ketiga untuk menjaga tatanan hukum yang demokratis dan keamanan nasional, untuk secara aktif mengurangi risiko, dan untuk berkontribusi pada pembuatan kebijakan luar negeri."



"Negara-negara seperti Suriah, Pakistan, Iran, dan Korea Utara juga mencoba memperoleh barang dan teknologi tersebut di Eropa dan Belanda tahun lalu," ungkap laporan itu.

Meskipun laporan tersebut menjelaskan masalah di bidang ini, namun tidak memberikan perincian tentang berbagai upaya oleh negara-negara nakal untuk menemukan dan mengamankan teknologi dan persenjataan untuk pemusnah massal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)