Jatuh Tak Terkendali, Pentagon Lacak Roket 21 Ton China

Rabu, 05 Mei 2021 - 14:10 WIB
loading...
A A A
"Ada banyak hal yang lebih besar yang perlu dikhawatirkan," imbuhnya.

Di tempat lain, McDowell membandingkan roket China dengan upaya pertama NASA atas stasiun ruang angkasa, Skylab, yang memasuki orbit yang membusuk dan hancur berantakan di atmosfer pada 1979 setelah badan tersebut tidak dapat memperbaiki jalur penerbangannya, menyebarkan puing-puing di seluruh Samudera Hindia dan sebagian Australia.



Masuk kembali yang tidak terkendali bukanlah hal yang tidak biasa dalam penerbangan luar angkasa, termasuk di Beijing. Hampir tepat satu tahun yang lalu, Long March 5B lainnya memasuki atmosfer Bumi tanpa arah, akhirnya jatuh ke Samudra Atlantik. Ukuran besar roket China, bagaimanapun, membedakan mereka dari masuknya kembali lainnya.

Setelah selesai, stasiun luar angkasa China yang baru akan menjadi yang kedua yang saat ini beroperasi, di samping Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), sebuah upaya kolaborasi dari badan antariksa Amerika, Rusia, Jepang, Eropa dan Kanada. Pada bulan April, Rusia mengatakan akan menarik diri dari ISS pada tahun 2025, dan sebagai gantinya akan fokus pada proyek stasiun ruang angkasa barunya sendiri, ROSS.

Sebelum ISS, Rusia mengoperasikan stasiun ruang angkasa modular pertama, Mir, yang diluncurkan pada tahun 1986 dan dinonaktifkan pada tahun 2001, putus di atas Pasifik Selatan.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)