COVID-19 Telah Mencapai Gunung Everest

Jum'at, 23 April 2021 - 17:23 WIB
loading...
COVID-19 Telah Mencapai Gunung Everest
COVID-19 telah mencapai gunung Everest setelah seorang pendaki dinyatakan positif. Foto/VOI
A A A
KATHMANDU - Setidaknya satu pendaki di Gunung Everest dinyatakan positif COVID-19 , hanya beberapa minggu setelah puncak tertinggi di dunia itu dibuka kembali untuk pendaki setelah satu tahun tutup.

Dikutip dari BBC, Jumat (23/4/2021), pendaki asal Norwegia, Erlend Ness, diisolasi di rumah sakit selama delapan malam karena virus tersebut. Laporan mengatakan seorang sherpa di kelompoknya juga dinyatakan positif terkena virus.

Wabah tersebut merupakan pukulan bagi Nepal , yang sangat bergantung pada pendapatan yang dihasilkan dari ekspedisi Everest.

Ness tidak yakin di mana dia bisa tertular virus, tetapi meningkatkan kemungkinan tertular saat berada di salah satu rumah teh di sepanjang Lembah Khumbu.



Ia menambahkan bahwa dia bisa saja "berbuat lebih banyak" untuk melindungi dirinya sendiri, seperti lebih rajin mencuci tangan, dan memakai masker sepanjang hari.

"Tidak banyak orang yang menggunakan masker dalam perjalanan," kenang Ness, yang telah merasa sakit selama sekitar enam hari di pegunungan sebelum dievakuasi pada 15 April dengan helikopter.

Dia dibawa ke dua rumah sakit berbeda di ibukota Nepal, Kathmandu, dan dinyatakan positif terkena virus tiga kali.

Ness kini telah pulih - hasil tesnya pada 22 April negatif - dan sekarang tinggal bersama teman-temannya di kota.



Ratusan pendaki asing diperkirakan akan mencoba pendakian pada musim semi ini, yang dimulai pada bulan April, setelah gunung itu ditutup karena pandemi.

Selain pendapatan pariwisata yang lebih luas, Nepal menghasilkan USD4 juta dengan mengeluarkan izin pendakian Everest setiap tahun, menurut Kathmandu Post.

Menurut Departemen Imigrasi Nepal semua pelancong yang memasuki Nepal harus menunjukkan hasil tes negatif COVID-19, diambil dalam 72 jam setelah penerbangan pertama mereka.

Penumpang dari negara dengan varian COVID baru akan dikenakan tambahan karantina hotel selama 10 hari. Jika hasil tes negatif setelah lima hari, mereka akan diizinkan untuk menghabiskan sisa lima hari di karantina rumah.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)