Soal Kondisi Navalny, Rusia: Itu Bukan Urusan Negara Lain

Senin, 19 April 2021 - 21:55 WIB
loading...
Soal Kondisi Navalny, Rusia: Itu Bukan Urusan Negara Lain
Rusia mengatakan bahwa kondisi tahanan di penjara Rusia, khususnya dalam hal ini Alexei Navalny, bukanlah urusan negara lain. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan bahwa kondisi tahanan di penjara Rusia bukanlah urusan negara lain. Ini adalah respon atas pernyataan Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lain soal kondisi Alexei Navalny.

"Kondisi kesehatan narapidana di Rusia tidak bisa dan tidak boleh menjadi perhatian mereka (negara-negara Barat)," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada wartawan di Moskow.

Ketika ditanya tentang kekhawatiran tentang Navalny yang disuarakan oleh perwakilan negara bagian lain. Dia menunjukkan, ini bukan masalah yang pihaknya pertimbangkan.

Disinggung soal pernyataan penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan telah memperingatkan Rusia tentang kemungkinan konsekuensi seandainya Alexei Navalny meninggal dalam tahanan, Peskov mengatakan pihaknya tidak memiliki reaksi apapun.

"Kami tidak bereaksi terhadap pernyataan seperti itu yang dibuat oleh perwakilan negara bagian lain," ujarnya, seperti dilansir Tass pada Senin (19/4/2021).

Sebelumnya, Sullivan mengatakan pihaknya telah mengkomunikasikan kepada Moskow bahwa apa yang terjadi pada Navalny dalam tahanan mereka adalah tanggung jawab mereka dan mereka akan dimintai pertanggungjawaban oleh komunitas internasional.

"Dalam hal tindakan khusus yang akan kami ambil, kami melihat berbagai biaya berbeda yang akan kami bebankan dan saya tidak akan menyampaikannya kepada publik pada saat ini. Tetapi kami telah mengkomunikasikan bahwa akan ada konsekuensijika Navalny meninggal," sambungnya.

Menurut Sullivan Washington telah sampai pada kesimpulan bahwa masalah ini sebaiknya dibicarakan langsung dengan Moskow, melalui jalur diplomatik.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)