AS Tegaskan Siap Bantu Ukraina Perkuat Pertahanan

Kamis, 15 April 2021 - 16:46 WIB
loading...
AS Tegaskan Siap Bantu Ukraina Perkuat Pertahanan
Amerika Serikat (AS) menyatakan komitmen untuk membantu Ukraina dengan kebutuhan pertahanannya.
A A A
BRUSSELS - Amerika Serikat (AS) menyatakan komitmen untuk membantu Ukraina dengan kebutuhan pertahanannya. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin.

Austin dan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken menghadiri pertemuan tingkat menteri NATO di Brussel minggu ini untuk membahas masalah-masalah tentang Afghanistan dan pergerakan pasukan Rusia di dekat perbatasan timur Ukraina.

"Kami berkomitmen untuk membantu Ukraina dengan kebutuhan pertahanan dirinya," kata Austin dalam konferensi pers di Brussels, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (15/4/2021).

Dia menuturkan, AS akan terus memberikan dukungan material ke Ukraina, tetapi dia tidak menjelaskan secara spesifik bantuan apa yang diberikan.

Sementara itu, sebelumnya Presiden AS, Joe Biden telah berbicara dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan mengusulkan pertemuan di negara ketiga dalam beberapa bulan mendatang karena ketegangan antara Rusia dan Ukraina meningkat di Eropa timur.

Menurut pernyataan Gedung Putih, Biden dan Putin membahas pengendalian senjata dan masalah keamanan yang muncul. Biden juga meminta Rusia untuk mengurangi ketegangan di Ukraina.

"Biden menekankan komitmen tegu Amerika Serikat terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina. Biden juga menyuarakan keprihatinan atas pembangunan militer Rusia yang tiba-tiba di Crimea yang diduduki dan di perbatasan Ukraina," ujar Gedung Putih.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)