Uni Eropa Kecam Turki Terkait Insiden 'Sofagate' Von Der Leyen

Kamis, 08 April 2021 - 09:54 WIB
loading...
A A A
Kecerobohan ini terjadi pada saat yang sulit ketika UE dan Turki berupaya membangun kembali hubungan meskipun ada kekhawatiran atas catatan hak-hak asasi Ankara, termasuk diskriminasi terhadap perempuan.

Erdogan membuat marah Brussel menjelang kunjungan para pemimpin blok itu dengan mengumumkan bahwa dia menarik Turki dari Konvensi Istanbul tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.

Mamer mengatakan bahwa masalah seputar tempat duduk von der Leyen selama pertemuan dengan Erdogan telah mempertajam fokusnya pada masalah tersebut".

Perlakuan Turki meremehkan wanita pertama yang menduduki dua peran teratas UE telah memantik kecaman di Brussel.



"Pertama mereka menarik diri dari Konvensi Istanbul dan sekarang mereka meninggalkan Presiden Komisi Eropa tanpa kursi dalam kunjungan resmi. Memalukan. #WomensRights," tulis anggota Parlemen Eropa Spanyol Iratxe Garcia Perez.

Anggota Parlemen Jerman Sergey Lagodinsky menulis tentang ucapan von der Leyen bahwa "'Ehm' adalah istilah baru untuk 'seharusnya hubungan UE-Turki tidak seperti itu'."

Tapi tidak semua kemarahan ditujukan ke pihak Turki.

Anggota parlemen Belanda Sophie in 't Veld mempertanyakan sikap diam Michel melihat rekan wanitanya yang tidak diberikan kursi.

Belum ada komentar langsung dari juru bicara Michel atau kepresidenan Turki atas insiden tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)