Ingin Tinggal di Taiwan? Ini Kartu Ajaib yang Wajib Dimiliki

Senin, 05 April 2021 - 13:56 WIB
loading...
Ingin Tinggal di Taiwan? Ini Kartu Ajaib yang Wajib Dimiliki
Easy Card, kartu ajaib yang bisa digunakan untuk transaksi apapun di Taiwan. Foto/Annie Kang
A A A
JAKARTA - Beragam kartu di dompet masyarakat modern sudah multifungsi, mulai dari kartu member dari toko hingga kartu VIP sebuah layanan tertentu. Namun, jika Anda berada atau tinggal di Taiwan, apalagi di Taipei, maka ada satu jenis kartu yang wajib Anda miliki yakni Easy Card.

“Bip~” bunyi suara yang muncul saat Anda menggunakan Easy Card. Apa itu Easy Card? Kartu ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 sebagai kartu penyimpanan dana untuk memudahkan orang-orang yang ingin naik Moda Raya Terpadu (MRT) Taipei.



Masyarakat hanya perlu menyimpan dana di Easy Card terlebih dahulu. Saat naik MRT, mereka dapat mengeluarkan kartu dan "bip" di gerbang tiket untuk pembayarannya. Ini menghemat waktu yang diperlukan untuk membeli tiket satu arah setiap kali naik MRT.
Ingin Tinggal di Taiwan? Ini Kartu Ajaib yang Wajib Dimiliki

Karena jumlah stasiun MRT Taipei terus meningkat—saat ini terdapat lebih dari 130 stasiun—maka MRT telah menjadi alat transportasi yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat di Taipei, dan proporsi pemegang Easy Card juga meningkat pesat.

Demi menarik lebih banyak orang untuk menggunakan Easy Card, perusahaan Easy Card secara aktif mempromosikan lebih banyak item yang dapat dibayar melalui kartu tersebut, seperti kereta api, taksi, toko serba ada, restoran, dan sebagainya.

“Jangkauan pembayaran juga sudah meluas ke seluruh penjuru Taiwan, sehingga Easy Card sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Taiwan,” kata Taipei Economic Trade Office (TETO), sebuah badan perwakilan dagang dan ekonomi Taiwan yang berkantor di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.com, Senin (5/4/2021).

Seberapa nyaman Easy Card ini? Selain untuk membayar tarif MRT di seluruh Taiwan, Easy Card juga dapat digunakan untuk naik bus, kereta api, kereta berkecepatan tinggi, dan kapal feri, juga untuk membayar tarif taksi, U-bike (penyewaan sepeda), dan penyewaan skuter listrik.

Selain itu, parkir di jalanan dan gedung parkir juga dapat dibayar dengan Easy Card. Begitu juga minimarket, apotek, pusat perbelanjaan, department store, toko makanan cepat saji, cafe, supermarket, toko buku dan bioskop di seluruh Taiwan juga dapat menggunakan Easy Card untuk pembayaran. “Bahkan tiket masuk ke kebun binatang, museum, gedung konser, dan biaya rawat. Easy Card juga bisa digunakan untuk meminjam dan mengembalikan buku di perpustakaan umum di Taiwan,” lanjut TETO.

Jika Anda mengira bentuk dari Easy Card hanya berupa seperti kartu kredit? maka Anda salah. Karena teknologi induksi RFID yang diadopsi oleh Easy Card, tidak perlu tampilan berbentuk kartu. Sebagai contoh, ponsel pintar yang biasa dimiliki oleh masyarakat modern, selama menggunakan kartu SIM dari ponsel yang memiliki fungsi NFC, bisa menggunakan fungsi dari Easy Card, sehingga Anda akan melihat banyak orang di Taiwan menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran. Ada juga banyak perusahaan atau sekolah yang memiliki kartu staf atau kartu pelajar yang built-in dengan fungsi Easy Card, sehingga dapat mengurangi bawa satu kartu saat keluar rumah.

Banyak perusahaan bahkan telah memperkecil produk terlaris mereka menjadi seukuran gantungan kunci dan built-in Easy Card yang memikat banyak orang untuk membelinya sebagai koleksi. “Saat Anda di Taiwan melihat seseorang memegang botol kecap atau mi instan ukuran mini untuk melakukan pembayaran, tidak perlu terkejut,” papar TETO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)