Periksa Kesehatan di Taiwan Ibarat Pergi Berlibur ke Hotel Bintang Lima

Sabtu, 27 Maret 2021 - 17:56 WIB
loading...
Periksa Kesehatan di Taiwan Ibarat Pergi Berlibur ke Hotel Bintang Lima
Seorang pelanggan menikmati fasilitas mewah saat menjalani pemeriksaan kesehatan di Taiwan. Foto/ Taipei Beitou Health Management Hospital
A A A
JAKARTA - Kapan terakhir kali Anda melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh tubuh? Bagaimana pengalaman Anda selama pemeriksaan kesehatan terakhir?. Apakah Anda selalu kurang paham tentang angka-angka yang tertera dari hasil pemeriksaan kesehatan?

Jika demikian, silakan pergi ke Taiwan untuk mencoba pengalaman pemeriksaan kesehatan kelas atas yang "bermartabat" dan "akurat". Selain standar medis Taiwan yang terkenal di dunia, Taiwan juga terus melakukan inovasi dan terobosan di bidang layanan pemeriksaan kesehatan dalam satu dekade terakhir.



Di Taiwan, pemeriksaan kesehatan bukan lagi berupa pemeriksaan semata dan pemberian resep yang kaku, tetapi bergerak menuju target layanan kelas atas yang berorientasi terhadap kenyamanan pelanggan.

Banyak pusat pemeriksaan kesehatan di Taiwan menggunakan model penanganan pemisahan antara pemeriksaan dan perawatan. Di pusat pemeriksaan kesehatan, pelanggan tidak melihat ada pasien maupun anggota keluarga yang menjenguk. “Hal ini tidak hanya mengurangi risiko infeksi, tetapi juga memberikan perlindungan privasi yang menyeluruh,” kata Taipei Economic and Trade Office (TETO), badan perwakilan Republik China atau Taiwan di Indonesia, dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews.com, Sabtu (27/3/2021).

Menurut TETO, pelanggan yang memilih program pemeriksaan kesehatan kelas atas diatur untuk menginap di hotel bintang lima pada malam sebelum pemeriksaan. Koki menyiapkan makanan low residue diet yang lezat seperti sup bening daging sapi, sehingga pelanggan yang membutuhkan kontrol pola makan seperti kolonoskopi, mendapatkan manajemen diet profesional dalam lingkungan yang nyaman. “Pusat pemeriksaan juga akan mengirimkan mobil khusus untuk antar jemput pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir dengan masalah transportasi,” lanjut TETO.

Selama pemeriksaan kesehatan, ada satu spesialis yang berdedikasi yang sepenuhnya memandu pelanggan menjalankan prosedur pemeriksaan. Dibandingkan dengan pusat pemeriksaan kesehatan umum yang melayani hampir seratus orang dalam satu hari, pusat pemeriksaan kesehatan kelas atas Taiwan memiliki 70 staf medis yang melayani 20 hingga 30 pelanggan, dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan spesialis kapan saja bila dibutuhkan.

Setelah selesai pemeriksaan kesehatan, pelanggan dapat menikmati makanan segar dan sehat yang disiapkan oleh ahli gizi dan koki di ruang VIP eksklusif. Setelah kenyang, pelanggan akan mendengarkan detail hasil pemeriksaan kesehatan dan saran penyesuaian gaya hidup dari dokter. Selain itu, ahli gizi juga akan membuat rekomendasi pola makan dan penyuluhan kesehatan sesuai kesehatan pelanggan.

“Setelah selesai proses pemeriksaan kesehatan, pelanggan juga bisa memilih paket wisata ringan yang direkomendasikan oleh rumah sakit untuk pergi keluar jalan-jalan, yang menjadikan seluruh proses pemeriksaan kesehatan penuh dengan suasana bermartabat dan penuh kenyamanan. Ini adalah konsep wisata ringan yang sehat,” imbuh TETO.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)