Presiden Mesir Umumkan Keberhasilan Operasi 'Pembebasan' Terusan Suez

Selasa, 30 Maret 2021 - 01:44 WIB
loading...
Presiden Mesir Umumkan Keberhasilan Operasi Pembebasan Terusan Suez
Jalur air tersebut tersumbat selama hampir sepekan setelah kapal kontainer besar kandas dengan posisi melintang di kanal tersebut. Foto/REUTERS
A A A
KAIRO - Presiden Mesir ,Abdel Fattah al-Sisi mengumumkan keberhasilan penyelesaian operasi untuk membuka kembali Terusan Suez. Jalur air tersebut tersumbat selama hampir sepekan setelah kapal kontainer besar kandas dengan posisi melintang di kanal tersebut.

Kapal kontainer Ever Given sepanjang 400 meter terjebak di Terusan Suez sejak awal pekan lalu, ketika kandas dalam perjalanan dari China ke Belanda.

Sisi menuturkan bahwa dengan suksesnya operasi tersebut, maka jalur perdagangan global dapat kembali normal.

"Dengan memulihkan masalah ke arah normalnya, dengan tangan Mesir, seluruh dunia dapat diyakinkan akan jalur barang dan kebutuhannya yang dibawa melalui arteri navigasi ini," kata Sisi, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (30/3/2021).

Pembebasan kapal yang telah lama ditunggu-tunggu memicu perayaan yang meriah di pelabuhan. Kapal-kapal yang terjebak oleh kapal raksasa yang terdampar itu meniup klakson mereka saat mereka bersukacita mendengar berita itu.

Menurut Osama Rabie, kepala Otoritas Terusan Suez, hampir 400 kapal, dengan muatan senilai USD 10 miliar tertahan karena insiden tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)