Para Jenderal Rayakan Hari Militer Myanmar, 50 Demonstran Dihabisi

Sabtu, 27 Maret 2021 - 17:32 WIB
loading...
Para Jenderal Rayakan Hari Militer Myanmar, 50 Demonstran Dihabisi
Orang-orang berjalan di dekat barikade yang dibakar demonstran antikudeta ketika berhadapan dengan pasukan keamanan junta militer Myanmar di Mandalay, Sabtu (27/3/2021). Foto/REUTERS
A A A
YANGON - Pasukan keamanan Myanmar yang dikendalikan junta militer membunuh 50 demonstran antikudeta pada hari ini (27/3/2021). Tragedi pembantaian puluhan demonstran ini terjadi di saat para jenderal merayakan Hari Angkatan Bersenjata.

Laporan media dan saksi mata mengatakan puluhan demonstran itu tewas akibat ditembak dan dibunuh. Ini menjadi ironi karena pemimpin junta sesumbar bahwa militer akan melindungi rakyat dan berjuang untuk demokrasi Myanmar.



Para pengunjuk rasa yang menentang kudeta militer 1 Februari muncul di jalan-jalan Yangon, Mandalay, dan kota-kota lain. Mereka mengabaikan ancaman junta militer bahwa mereka akan ditembak di kepala dan punggung jika tidak berhenti beraksi.

"Hari ini adalah hari yang memalukan bagi angkatan bersenjata," kata Dr Sasa, juru bicara CRPH, kelompok anti-junta yang dibentuk oleh anggota parlemen yang digulingkan, dalam sebuah forum online yang dikutip Reuters.

"Para jenderal militer merayakan Hari Angkatan Bersenjata setelah mereka baru saja membunuh lebih dari 300 warga sipil tak berdosa," katanya, memberikan perkiraan kasar jumlah korban sejak protes pertama meletus beberapa minggu lalu.

Menurut Myanmar Now, setidaknya empat orang tewas ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan ke kerumunan yang memprotes di luar kantor polisi di pinggiran kota Yangon Dala pada dini hari tadi. Sekitar 10 orang lainnya terluka.

Tiga orang, termasuk seorang pemuda yang bermain di tim sepak bola lokal U-21, ditembak dan tewas dalam protes di distrik Insein di kota itu. Hal itu disampaikan seorang tetangga korban kepada Reuters.

Tiga belas orang tewas dalam berbagai insiden di Mandalay. Kematian juga dilaporkan dari wilayah Sagaing dekat Mandalay, kota Lashio timur, di wilayah Bago, dekat Yangon, dan tempat lain.

Myanmar Now melaporkan total sedikitnya 50 orang tewas hari ini. SINDOnews.com tidak dapat memverifikasi secara independen jumlah korban tewas tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)