Houthi Serang dan Bakar Tangki Minyak Arab Saudi di Jizan

Jum'at, 26 Maret 2021 - 21:16 WIB
loading...
Houthi Serang dan Bakar Tangki Minyak Arab Saudi di Jizan
Kelompok Houthi menyerang dan membakar tangki minyak Arab Saudi. Foto/AP
A A A
RIYADH - Sebuah tangki bahan bakar di sebuah fasilitas minyak Arab Saudi terbakar setelah diserang oleh pemberontak Yaman , Houthi . Serangan ini terjadi pada peringatan enam tahun intervensi Arab Saudi ke perang saudara di Yaman.

Serangan yang terjadi di Jizan, barat daya Arab Saudi dekat perbatasan dengan Yaman, dilakukan oleh delapan drone pembawa bom yang diluncurkan oleh pemberontak Houthi.

Kementerian Energi Arab Saudi dalam sebuah pernyataan mengatakan serangan di Jizan, sekitar 970 kilometer barat daya Riyadh di Laut Merah, menghantam fasilitas distribusi tepat setelah jam 9 malam pada Kamis.

"Serangan itu mengakibatkan kebakaran di salah satu tank terminal," bunyi pernyataan itu, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Serangan itu tidak menimbulkan korban seperti dikutip dari AP, Jumat (26/3/2021).

Arab Saudi tidak secara spesifik mengidentifikasi daerah yang diserang. Namun, Jizan adalah rumah bagi kilang baru dan fasilitas pelabuhan untuk raksasa energi Arab Saudi, Arabian Oil Co. Kilang tersebut, dengan kapasitas 400.000 barel per hari, mengirimkan pengiriman pertamanya ke luar negeri tahun lalu. Jizan juga diterjemahkan dari bahasa Arab sebagai Jazan oleh Aramco.



Jizan dan kilang barunya telah lama menjadi sasaran pemberontak Houthi Yaman dalam kampanye mereka melawan Arab Saudi. Namun, gambar satelit dari Planet Labs Inc. yang diambil Jumat pagi dan dianalisis oleh The Associated Press tidak menunjukkan adanya kerusakan di fasilitas itu.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, juru bicara militer Houthi Yehia Sarie mengklaim bahwa kelompok pemberontak itu menargetkan beberapa situs Aramco di kota Jizan, Ras Tanura, Yanbu dan Rabigh dengan 18 drone dan delapan rudal balistik. Sarie juga mengklaim pemberontak meluncurkan salvo lain dari 12 drone dan delapan rudal balistik di pangkalan Udara King Abdulaziz di Dammam, ketika enam drone juga menyerang lokasi militer di provinsi Asir dan Najran.

“Operasi tersebut telah berhasil memenuhi tujuannya,” klaim Sarie.

"Kami menegaskan bahwa kami siap untuk melakukan operasi militer yang lebih kejam dan lebih kejam di masa mendatang," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)