Patung Banteng Berusia 2.500 Tahun Ini Ditemukan Gara-gara Hujan Lebat

Sabtu, 20 Maret 2021 - 03:32 WIB
loading...
Patung Banteng Berusia 2.500 Tahun Ini Ditemukan Gara-gara Hujan Lebat
Sebuah patung banteng yang terbuat dari perunggu berhasil ditemukan para arkeolog setelah hujan lebat. Foto/BBC
A A A
ATHENA - Sebuah patung banteng yang terbuat dari perunggu berhasil ditemukan para arkeolog. Patung yang diperkirakan berusia 2.500 tahun itu ditemukan di dekat situs kuno Olympia setelah hujan lebat.

Tanda bakar pada patung menunjukkan bahwa patung itu kemungkinan salah satu dari ribuan persembahan untuk dewa Yunani , Zeus.

"Penemuan benda kecil dan utuh itu dilakukan oleh para arkeolog di dekat sebuah kuil," kata Kementerian Kebudayaan Yunani.

"Seorang arkeolog melihat salah satu tanduk banteng mencuat dari lumpur setelah hujan lebat," tambahnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (20/3/2021).



Barang tersebut segera dipindahkan ke laboratorium untuk diperiksa.

Dalam pernyataannya, Kementerian Kebudayaan Yunani mengatakan, pengujian awal menunjukkan bahwa patung banteng, yang ditemukan bulan lalu itu berasal dari periode geometris seni Yunani yaitu sekitar 1050 SM hingga 700 SM - seni Yunani.

Hewan seperti banteng dan kuda diyakini telah disembah selama periode itu karena pentingnya bagi kelangsungan hidup manusia.

Seperti patung hewan dan manusia lainnya, banteng yang ditemukan di dekat kuil Zeus kemungkinan besar telah dipersembahkan selama pengorbanan oleh orang-orang percaya, yang menjelaskan bekas luka bakar dan sedimen yang dihilangkan selama pemurniannya, tambah kementerian itu.



Untuk diketahui, situs Olympia di Yunani adalah tempat kelahiran Olimpiade kuno.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)