Israel Umumkan Berhasil Temukan Gulungan Laut Mati

Selasa, 16 Maret 2021 - 22:32 WIB
loading...
Israel Umumkan Berhasil Temukan Gulungan Laut Mati
Israel umumkan berhasil temukan Gulungan Laut Mati. Foto/Hindustan Times
A A A
TEL AVIV - Otoritas Kepurbakalaan Israel mengumumkan penemuan rangkaian baru fragmen kuno dari gulungan kitab suci. Gulungan itu ditemukan dengan sempurna, diawetkan di sebuah gua di cagar alam Gurun Yudea.

Gulungan Laut Mati yang asli ditemukan lebih dari 70 tahun yang lalu, dan harta karun terbaru ini digembar-gemborkan sebagai penemuan luar biasa dan langka oleh pihak berwenang, yang merilis video yang merinci operasi untuk memulihkan artefak kuno tersebut.

Pekerjaan di situs, yang terletak di gurun selatan Yerusalem, telah berlangsung sejak 2017, dan para arkeolog sangat senang menemukan bahwa kondisi di dalam gua telah menjaga gulungan dan dokumen kuno lainnya dengan sempurna.



Dikutip dari Russia Today, Selasa (16/3/2021), artefak yang baru ditemukan berisi baris teks Yunani dari kitab Zakharia dan Nahum, dan telah diberi tanggal radiokarbon hingga abad kedua Masehi. Mereka diyakini milik seperangkat fragmen perkamen yang ditemukan di sebuah situs yang dikenal sebagai Gua Horor, tempat sekitar 40 kerangka manusia ditemukan selama penggalian pada 1960-an.

Gulungan Laut Mati asli adalah serangkaian naskah kuno yang ditemukan pada tahun 1940-an dan 1950-an yang diyakini berasal dari abad ketiga SM dan abad pertama M. Mereka termasuk salinan paling awal dari teks-teks alkitabiah tertentu.

Tempat penyimpanan suci itu diyakini awalnya milik para pemberontak yang melarikan diri ke gua-gua pada akhir Pemberontakan Bar Kokhba, pemberontakan bersenjata Yahudi melawan Kekaisaran Romawi selama pemerintahan Kaisar Hadrian, antara 132 dan 136 Masehi.



Di antara harta karun kuno lainnya yang digali adalah sekumpulan koin, kerangka anak berusia 6.000 tahun yang sebagian dimumikan dan dibungkus kain, dan apa yang diklaim oleh Otoritas Purbakala Israel mungkin merupakan keranjang utuh tertua yang pernah ditemukan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)