Interpol Berhasil Tangkap 13 Buronan Paling Dicari

Rabu, 17 Maret 2021 - 11:50 WIB
loading...
Interpol Berhasil Tangkap 13 Buronan Paling Dicari
Interpol berhasil menangkap 13 buronan Amerika Latin paling dicari. Foto/Ilustrasi
A A A
LYON - Operasi terkoordinasi Interpol bersama tim penyelidik dari seluruh Amerika Latin , yang diberinama Operasi 'EL PAcCTO', berhasil menangkap 13 buronan paling dicari. Operasi tersebut digelar pada 20 November - 5 Maret lalu.

Dicari untuk kejahatan serius dan seringkali mengerikan, termasuk pembunuhan, penculikan dan kekerasan seksual terhadap perempuan, seluruh buronan tersebut masuk dalam Red Notice Interpol.

Nama mereka juga ditampilkan dalam daftar target buronan prioritas yang ditetapkan oleh unit Dukungan Investigasi Buronan (FIS) Interpol dan penegak hukum di delapan negara Amerika Latin pada akhir 2020.



Interpol mengatakan bahwa selama 'fase operasional' dua minggu (22 Februari - 5 Maret), pertemuan kerja intensif terkoordinasi antara penegak hukum nasional yang bertujuan untuk menemukan dan menangkap sebanyak mungkin buronan ini.

"Model operasional secara efektif mendorong kerja sama polisi internasional menjadi 'hyper drive', memungkinkan penyelidik untuk bertukar informasi yang dapat ditindaklanjuti secara real-time," kata Interpol seperti dilansir dari Eurasiareview, Rabu (17/3/2021).

Menurut Interpol, tahun ini lebih banyak buronan yang ditangkap selama tahap operasional dibandingkan dengan proyek Interpol EL PAcCTO lainnya hingga saat ini. Pada suatu kesempatan, banyak buronan ditangkap dalam satu hari. Lokasi positif juga diamankan untuk dua orang yang dicari lagi.

Seorang buronan Peru atas eksploitasi seksual anak dan perdagangan manusia ditangkap oleh Polisi Federal Argentina setelah beberapa hari dihabiskan untuk melacak anggota keluarga yang memberikan alamat yang salah.



Inga Molina berada di daftar paling dicari Ekuador sejak 2018 untuk pemerkosaan. Awalnya diduga melarikan diri ke luar negeri, penyelidik yang bertukar informasi dalam satuan tugas EL PAcCTO berhasil menemukan dan menangkapnya di Quito melalui analisis sumber terbuka dan penyadapan telepon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)