Houthi Picu Kebakaran di Pusat Migran, Sejumlah Orang Tewas Terpanggang

Selasa, 16 Maret 2021 - 21:34 WIB
loading...
A A A
HRW juga mengkonfirmasi kesaksian yang diberikan kepada MEE bahwa fasilitas penahanan itu sangat penuh sesak dan menampung ratusan migran, terutama orang Etiopia, di dalam pusat penahanan.



Para tahanan mengatakan kepada HRW bahwa Houthi menembakkan dua proyektil setelah beberapa tahanan melakukan mogok makan untuk memprotes kondisi fasilitas dan melanjutkan penahanan.

Mereka mengeluh bahwa penjaga akan melecehkan mereka secara verbal dan menuntut pembayaran sebesar USD280 untuk melepaskan mereka dari penahanan yang tidak terbatas.

Pada hari kebakaran, para tahanan menolak untuk sarapan, yang menyebabkan bentrokan, dan sekitar pukul 1 siang waktu setempat, mereka menolak untuk makan siang.

Penjaga keamanan kemudian mengidentifikasi para pemimpin yang mengorganisir aksi mogok makan, membawa mereka keluar, dan kemudian memukuli mereka dengan tongkat kayu dan senjata api - yang menyebabkan tahanan migran lainnya melemparkan piring ke arah penjaga, melukai satu orang.

Pejabat Houthi kemudian membawa para migran ke hanggar terdekat. Beberapa menit kemudian, petugas keamanan yang mengenakan seragam Houthi kembali dan mengatakan kepada para tahanan untuk mengucapkan "doa terakhir" mereka sebelum meluncurkan proyektil.



Lima belas menit setelah kebakaran terjadi, orang-orang di luar hanggar membantu mendobrak pintu dan dinding agar orang-orang selamat dan lolos dari kebakaran, yang telah merenggut banyak nyawa migran.

Orang-orang yang selamat dari kebakaran tersebut dibawa ke fasilitas medis yang dikelola pemerintah, yang mencegah orang luar masuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)