KBRI Jadikan Sekolah Indonesia sebagai Lokasi 'Berlindung' WNI di Myanmar

Selasa, 16 Maret 2021 - 14:40 WIB
loading...
KBRI Jadikan Sekolah Indonesia sebagai Lokasi Berlindung WNI di Myanmar
Judha menyatakan telah melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Yangon dan juga WNI di negara itu dan diketahui sejauh ini kondisi WNI masih aman. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia mengaku terus memantau situasi dan kondisi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Myanmar. Situasi di Myanmar , seperti diketahui, belum membaik pasca kudeta 1 Februari.

Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha menyatakan telah melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Yangon dan juga WNI di negara itu. Dari komunikasi itu diketahui sejauh ini kondisi WNI masih aman.

"Kondisi WNI saat ini relatifaman. Ada beberapa aksi demo maupun penetapan martial law di lokasi tempat tinggal mereka, namun tidak ada serangan langsung yang ditujukan kepada para WNI," ujarnya pada Selasa (16/3/2021).

"Mempertimbangkan situasi terakhir, dipandang belum mendesak dilakukan evakuasi. Meskipun demikian, bagi WNI yg tdk memiliki keperluan esensial di Myanmar diimbau agar mempertimbangkan utk pulang ke Indonesia melalui penerbangan yang masih tersedia," sambungnya.

Dia menuturkan, saat ini masih ada dua maskapai yang masih melayani rute penerbangan dari Myanmar, yakni Singapore Airlines dan Myanmar Airlines. Judha menyebut, tercatat sekitar 50 WNI telah pulang menggunakan penerbangan tersebut.

"KBRI Yangon telah menyiapkan Sekolah Indonesia Yangon sebagai lokasi shelter sementara bagi WNI. Kemlu dan KBRI juga akan membantu pengurusan charter flight jika memang opsi tersebut diminati para WNI," ucap Judha.

Judha menambahkan, Kemlu dan KBRI akan terus memonitor perkembangan terakhir dan telah menyediakan akses hotline untuk membantu para WNI.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)