Demo Anti-China Mengerikan di Myanmar, Korban Tewas Jadi 39 Orang

Senin, 15 Maret 2021 - 09:58 WIB
loading...
Demo Anti-China Mengerikan di Myanmar, Korban Tewas Jadi 39 Orang
Para demonstran antikudeta militer Myanmar menggunakan ketapel raksasa untuk melawan pasukan junta dalam sebuah unjuk rasa. Foto/REUTERS
A A A
YANGON - Pasukan keamanan junta Myanmar membunuh 22 pengunjuk rasa antikudeta militer semalam setelah sekitar 10 pabrik China dibakar para demonstran yang benci Beijing. Kematian 22 demonstran itu menambah jumlah korban tewas menjadi 39 orang.

Sebanyak 22 demonstan dibunuh di pinggiran kota industri Hlaingthaya yang miskin di kota utama Myanmar; Yangon, semalam. Sisanya ditemukan di tempat lain.



Data terbaru korban tewas itu disampaikan Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP), serta seorang polisi, yang menjadikannya hari paling berdarah sejak kudeta 1 Februari terhadap pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi.

Kedutaan Besar China mengatakan banyak staf mereka terluka dan terperangkap dalam serangan pembakaran oleh penyerang tak dikenal di pabrik garmen di Hlaingthaya dan telah meminta Myanmar untuk melindungi properti dan warga China. Beijing dipandang para demonstran Myanmar telah mendukung junta militer yang telah mengambil alih kekuasaan dari Suu Kyi.

Media lokal melaporkan ketika asap membubung dari kawasan industri, pasukan keamanan menembaki pengunjuk rasa di pinggiran kota yang merupakan rumah bagi para migran dari seluruh negeri.

"Mengerikan. Orang-orang ditembak di depan mata saya. Itu tidak akan pernah meninggalkan ingatan saya," kata seorang jurnalis foto di tempat kejadian yang tidak ingin disebutkan namanya, seperti dikutip Reuters, Senin (15/3/2021).

Darurat militer diberlakukan di Hlaingthaya dan distrik lain di Yangon, pusat komersial Myanmar dan bekas ibu kota.

Televisi Myawadday yang dikelola tentara mengatakan pasukan keamanan bertindak setelah empat pabrik garmen dan pabrik pupuk dibakar dan sekitar 2.000 orang telah menghentikan mesin pemadam kebakaran untuk menjangkau mereka.

Seorang juru bicara junta tidak menjawab panggilan untuk dimintai komentar.

Dokter Sasa, perwakilan anggota parlemen terpilih dari majelis yang digulingkan oleh tentara, menyuarakan solidaritas dengan rakyat Hlaingthaya.

"Pelaku, penyerang, musuh rakyat Myanmar, SAC (Dewan Administrasi Negara) yang jahat akan dimintai pertanggungjawaban atas setiap tetes darah yang tertumpah," katanya dalam pesan tertulis.

Menurut AAPP, kematian terbaru itu akan menambah jumlah korban dari protes antikudeta menjadi 126 orang. Lebih dari 2.150 orang telah ditahan pada hari Sabtu. Lebih dari 300 telah dibebaskan.

China Desak Myanmar Bertindak

Kedutaan Besar China menggambarkan situasinya sebagai "sangat parah" setelah serangan terhadap pabrik-pabrik yang didanai China. Kedutaan tidak membuat pernyataan tentang pembunuhan itu.



"China mendesak Myanmar untuk mengambil langkah efektif lebih lanjut untuk menghentikan semua tindakan kekerasan, menghukum pelaku sesuai dengan hukum dan menjamin keselamatan jiwa dan properti perusahaan dan personel China di Myanmar," kata kedutaaan dalam sebuah pernyataan.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pembakaran sekitr 10 pabrik China.

Halaman Facebook Kedutaan China dibombardir dengan komentar negatif dalam bahasa Myanmar dan lebih dari setengah reaksi—lebih dari 29.000—menggunakan emoji wajah tertawa.

Sentimen anti-China telah meningkat sejak kudeta yang menjerumuskan Myanmar ke dalam kekacauan, dengan penentang pengambilalihan militer mencatat kecaman diam-diam Beijing dibandingkan dengan kecaman Barat.

Pemimpin protes Ei Thinzar Maung mem-posting di Facebook bahwa hanya dua pabrik yang dibakar untuk saat ini, bukan sepuluh seperti yang diklaim Beijing.

"Jika Anda ingin berbisnis di Myanmar secara stabil, maka hormati rakyat Myanmar," katanya. "Melawan Hlaingthaya, kami bangga padamu!!"

Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener, mengatakan dia mengutuk apa yang dia sebut sebagai "kebrutalan yang sedang berlangsung".

“Secara pribadi telah mendengar dari kontak di Myanmar laporan pembunuhan yang memilukan, penganiayaan terhadap demonstran dan penyiksaan terhadap tahanan selama akhir pekan,” kata Burgener.

Penindasan, kata dia, merusak prospek perdamaian dan stabilitas. Dia mengimbau masyarakat internasional mendukung rakyat Myanmar dan aspirasi demokrasi mereka.

Inggris, mantan penguasa kolonial Myanmar, mengatakan terkejut dengan penggunaan kekuatan mematikan oleh pasukan keamanan terhadap orang-orang tak bersalah di Hlaingthaya dan di tempat lain.

"Kami menyerukan penghentian segera kekerasan ini dan rezim militer menyerahkan kembali kekuasaan kepada mereka yang dipilih secara demokratis oleh rakyat Myanmar," kata Duta Besar Inggris Dan Chugg.

Militer mengatakan pihaknya mengambil alih kekuasaan setelah tuduhan kecurangan dalam pemilu 8 November yang dimenangkan oleh partainya Suu Kyi ditolak oleh komisi pemilu. Pihaknya sudah berjanji akan menggelar pemilu baru, tapi belum menetapkan tanggal.

Suu Kyi telah ditahan sejak kudeta dan dijadwalkan kembali ke pengadilan pada hari Senin. Dia menghadapi setidaknya empat dakwaan, termasuk penggunaan radio walkie-talkie secara ilegal dan melanggar protokol virus corona.

Jauh dari Hlaingthaya, setidaknya 16 kematian dilaporkan di tempat lain di Myanmar, termasuk di kota kedua Mandalay dan di Bago, di mana televisi pemerintah MRTV mengatakan seorang petugas polisi meninggal karena luka di dada setelah konfrontasi dengan pengunjuk rasa.

Dia adalah polisi kedua yang dilaporkan tewas dalam protes itu.

Kekerasan itu terjadi sehari setelah Mahn Win Khaing Than, yang dalam pelarian bersama dengan sebagian besar pejabat senior dari Partai Liga Nasional untuk Demokrasi—partainya Suu Kyi—, mengatakan bahwa pemerintah sipil akan memberikan hak hukum kepada orang-orang untuk membela diri.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)