Diminta Setop Gunakan Istilah Pedofil, Wartawan Australia Marah

loading...
Diminta Setop Gunakan Istilah Pedofil, Wartawan Australia Marah
Wartawan Australia marah karena diminta berhenti gunakan istilah pedofil bagi pelaku pelecehan seksual anak berantai. Foto/Ilustrasi/Sindonews
CANBERRA - Reporter ABC Tasmania dari Australia dilaporkan telah diperingatkan untuk menghindari penggunaan istilah ' pedofil ' saat merujuk pada tertuduh pelaku pelecehan anak berantai. Hal itu dilakukan karena takut akan mengecilkan hati para pedofil yang tidak bersalah untuk mencari bantuan.

Dalam email kepada wartawan, seorang produser senior yang tidak disebutkan namanya di ABC mengatakan bahwa Layanan Dukungan Serangan Seksual (SASS) telah menyebutkan kekhawatiran mereka tentang penggambaran mantan perawat James Geoffrey Griffin - yang bunuh diri pada 2019 setelah tuduhan terhadapnya dipublikasikan - sebagai pedofil.

Griffin dituduh oleh banyak wanita telah melecehkan mereka saat anak-anak sejak 1980-an. Setelah polisi menggeledah rumahnya pada 2019, ABC melaporkan, sejumlah besar materi eksploitasi anak ditemukan. Dia kemudian didakwa dengan lebih dari selusin kejahatan.



"Kita harus menghindari (istilah pedofil), kecuali kita tahu dia memiliki diagnosis klinis pedofilia dan malah menggunakan pelaku/predator seksual serial, atau pelecehan seksual terhadap anak-anak dan remaja," produser memperingatkan seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (6/3/2021).



Email tersebut memperingatkan bahwa SASS mengatakan ada banyak pedofil atau "orang dengan pedofilia" yang tidak bertindak atas dorongan itu, terutama jika mereka menjangkau dan menerima bantuan psikologis profesional.

Produser tersebut menambahkan bahwa menyebut Griffin sebagai seorang pedofil "dapat mencegah" pedofil yang tidak bersalah untuk mencari bantuan, sehingga mendorong mereka terus melecehkan anak-anak.

Baca juga: Jerman Berikan Kompensasi Rp159 Juta kepada Korban Sekte Pedofil Nazi

Menurut surat kabar The Australian, email produser tersebut memicu keprihatinan dan membuat marah beberapa reporter, serta aktivis yang menentang pelecehan anak. Pendiri Beyond Abuse, Steve Fisher, yang juga selamat dari pelecehan, berpendapat bahwa mengubah bahasa dapat membingungkan orang saat membaca cerita yang mengekspos predator seks.

Sementara beberapa wartawan awalnya percaya nasihat itu mengikat, yang lain tidak dan ada beberapa contoh kata 'pedofil' yang digunakan sejak email itu dikirim, kata pria Australia itu.



ABC mengatakan kepada surat kabar itu bahwa kata 'pedofil' belum dilarang. Seorang juru bicara mengatakan itu hanya dimaksudkan untuk memberi tahu staf tentang informasi dari Layanan Dukungan Serangan Seksual dan seharusnya tidak menyampaikan perubahan resmi dalam penggunaan bahasa.

Baca juga: Australia Larang dan Labeli Kelompok Neo Nazi Inggris Teroris

Griffin diduga menargetkan anak-anak di rumah sakit tempat dia bekerja, serta anak-anak rekan kerjanya, dan polisi menemukan komentar online yang dia buat di forum pada tahun 2015 yang membual tentang kejahatannya dan tentang membius anak-anak untuk melecehkan mereka.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top