PBB Belum Mendapatkan Bukti Putri Latifa Masih Hidup

loading...
PBB Belum Mendapatkan Bukti Putri Latifa Masih Hidup
PBB belum mendapatkan bukti Putri Latifa al Maktoum, putri penguasa Dubai, masih hidup dari UEA. Foto/Kenyan News
NEW YORK - PBB mengatakan belum melihat bukti bahwa putri pengasa Dubai masih hidup, dua minggu setelah mencari bukti dari Uni Emirat Arab (UEA).

Putri Latifa al Maktoum mencoba melarikan diri dari negara itu pada 2018. Dalam rekaman yang dibagikan program BBC Panorama, dia mengklaim pasukan komando membiusnya saat dia melarikan diri dengan perahu dan menerbangkannya kembali ke tahanan. Sejak saat itu kontak darinya telah berhenti.

Dengan menggunakan telepon diberikan kepadanya secara diam-diam sekitar setahun setelah penangkapannya, Putri Latifa merekam sejumlah video selama beberapa bulan terakhir.



Dia merekamnya di kamar mandi karena itu satu-satunya pintu yang bisa dia kunci. Dalam pesannya, dia menjelaskan bagaimana dia melawan tentara yang membawanya dari perahu, "menendang dan berkelahi" serta menggigit salah satu lengan komando Emirat sampai dia berteriak.



Setelah dibius, dia mengaku kehilangan kesadaran saat dibawa dengan jet pribadi, dan tidak bangun sampai mendarat di Dubai.

Ia kini ditahan sendirian tanpa akses ke bantuan medis atau hukum di sebuah vila dengan jendela dan pintu tertutup, serta dijaga oleh polisi.

Baca juga: Putri Penguasa Dubai Kirim Pesan Rahasia, Mengaku Ditahan di Vila

Rekaman Putri Latifa memicu seruan untuk penyelidikan PBB. Bulan lalu, PBB mengkonfirmasi telah meminta UEA untuk membuktikan bahwa Putri Latifa masih hidup. Namun pada hari Jumat (5/3/2021), dikatakan belum ada kemajuan sejauh ini.

Juru bicara Robert Colville mengatakan telah ada pertemuan dengan misi diplomatik Uni Emirat Arab (UEA) di Jenewa, Swiss, tetapi ketika ditanya apakah bukti kehidupan telah diterima, dia menjawab: "Belum, tidak," seperti dikutip dari BBC.



Baca juga: PBB Minta UEA Jelaskan Nasib Putri Penguasa Dubai yang Disandera

Keluarga kerajaan Dubai sebelumnya mengatakan dia aman dan "dirawat di rumah".

"(Kondisi) Sheikha Latifa terus meningkat dan kami berharap dia akan kembali ke kehidupan publik pada waktu yang tepat," kata otoritas UEA.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top