Bakal Jadi Sejarah, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Ulama Top Syiah Irak
loading...
A
A
A
Sejak kunjungan paus diumumkan, ulama Syiah telah bekerja keras untuk memastikan kunjungan itu termasuk perjalanan ke Najaf.
Sejarawan Pierre-Jean Luizard, seorang spesialis di Irak, mencatat bahwa Sistani juga menyadari "momen keputusasaan dan ketidakpuasan terhadap segala sesuatu yang sakral", terutama di antara kaum muda—dan tidak dapat mengabaikan status global paus.
Paus tidak pernah berhenti mendistribusikan dokumen Abu Dhabi dan juga menerbitkan ensiklik, "Fratelli tutti [Semua Saudara]", yang memuat banyak referensi tentang itu.
Namun teks seperti itu diharapkan tidak ditandatangani di Najaf.
Ateisme dan Pertobatan
Dokumen Abu Dhabi menyerukan kebebasan berkeyakinan dan berekspresi. Tetapi tidak terlalu jauh untuk mengakui hak untuk tidak memiliki kepercayaan sama sekali, atau untuk berpindah agama, bahkan menarik kesejajaran antara "ateis, agnostik atau ekstremisme agama" dan "ekstremisme fanatik".
“Teks, yang ditulis dalam bahasa Arab oleh dua orang Mesir, secara simbolis sangat kuat tetapi isinya mendorong pintu terbuka,” kata Jean Druel, dari Dominican Institute for Oriental Studies di Kairo.
“Ini berkaitan dengan masalah umum. Ketika Al-Azhar mendukung kebebasan beragama, itu berarti umat Kristiani dapat pergi ke misa.”
"Tapi ateisme tetap tidak bisa dipahami di dunia Muslim Arab,” ujarnya.
Paus dan utusannya menghindari masalah titik nyala. Di Abu Dhabi, Paus Fransiskus menyatakan bahwa kebebasan beragama “tidak terbatas hanya pada kebebasan beribadah”.
Sejarawan Pierre-Jean Luizard, seorang spesialis di Irak, mencatat bahwa Sistani juga menyadari "momen keputusasaan dan ketidakpuasan terhadap segala sesuatu yang sakral", terutama di antara kaum muda—dan tidak dapat mengabaikan status global paus.
Paus tidak pernah berhenti mendistribusikan dokumen Abu Dhabi dan juga menerbitkan ensiklik, "Fratelli tutti [Semua Saudara]", yang memuat banyak referensi tentang itu.
Namun teks seperti itu diharapkan tidak ditandatangani di Najaf.
Ateisme dan Pertobatan
Dokumen Abu Dhabi menyerukan kebebasan berkeyakinan dan berekspresi. Tetapi tidak terlalu jauh untuk mengakui hak untuk tidak memiliki kepercayaan sama sekali, atau untuk berpindah agama, bahkan menarik kesejajaran antara "ateis, agnostik atau ekstremisme agama" dan "ekstremisme fanatik".
“Teks, yang ditulis dalam bahasa Arab oleh dua orang Mesir, secara simbolis sangat kuat tetapi isinya mendorong pintu terbuka,” kata Jean Druel, dari Dominican Institute for Oriental Studies di Kairo.
“Ini berkaitan dengan masalah umum. Ketika Al-Azhar mendukung kebebasan beragama, itu berarti umat Kristiani dapat pergi ke misa.”
"Tapi ateisme tetap tidak bisa dipahami di dunia Muslim Arab,” ujarnya.
Paus dan utusannya menghindari masalah titik nyala. Di Abu Dhabi, Paus Fransiskus menyatakan bahwa kebebasan beragama “tidak terbatas hanya pada kebebasan beribadah”.