Bus Tanpa Pengemudi Pertama di Eropa Mulai Beroperasi di Spanyol

Rabu, 03 Maret 2021 - 09:21 WIB
loading...
A A A
Bus juga terhubung ke lampu lalu lintas pintar yang dibeli kota seharga USD216.000.

"Dengan diluncurkannya proyek ini, Malaga telah menjadi laboratorium perkotaan untuk pengujian penting secara global. Dengan memiliki bus otonom berukuran standar pertama yang beroperasi dalam kondisi nyata, kota ini memperkuat komitmennya terhadap mobilitas yang berkelanjutan dan menggunakan teknologi baru untuk transportasi," ungkap pernyataan pemerintah kota itu.

Berharap memulai revolusi transportasi perkotaan, bus penumpang listrik otonom adalah bagian dari proyek AutoMOST, yang dibiayai pemerintah Spanyol.

“Sasarannya adalah untuk secara signifikan meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan keberlanjutan transportasi perkotaan,” papar pernyataan pemerintah kota Malaga.

Proyek bus tanpa pengemudi lainnya telah diluncurkan di Eropa, tetapi tidak pernah menggunakan bus penumpang berukuran standar.

Bulan lalu, Singapura juga meluncurkan uji coba dengan bus penumpang listrik tanpa pengemudi.

Pada 1 Februari, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menghadiri uji coba pertama bus listrik tanpa pengemudi yang diproduksi di Turki.

Bus futuristik Spanyol akan melanjutkan rutenya di Malaga hingga 13 Maret dan kemudian hasilnya akan dianalisis.

Saat beroperasi, peneliti juga akan mensurvei penumpang tentang bagaimana perasaan mereka saat naik bus tanpa pengemudi.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)