Penculik Bebaskan Ratusan Siswi, Gubernur: Alhamdulillah!

Selasa, 02 Maret 2021 - 15:22 WIB
loading...
Penculik Bebaskan Ratusan Siswi, Gubernur: Alhamdulillah!
Ratusan siswi sekolah di Nigeria yang diculik beberapa waktu lalu telah dibebaskan. Foto/IOL
A A A
GUSAU - Kelompok bersenjata Nigeria telah membebaskan semua 279 siswi yang diculik dari sebuah sekolah asrama di barat laut Nigeria, Selasa (2/3/2021). Hal itu diungkapkan langsung oleh gubernur di negara bagian Zamfara.

Menurut laporan sebelumnya, 317 gadis dari Sekolah Menengah Ilmu Pengetahuan Gadis Pemerintah (GGSS) di kota Jangebe diculik oleh geng bersenjata sekitar jam 1 pagi pada hari Jumat.

Juru bicara negara bagian Zamafara, Sulaiman Tanau Anka, mengatakan kepada Reuters bahwa beberapa gadis yang hilang telah lari ke semak-semak pada saat penyerangan, dan jumlah mereka yang diculik adalah 279.



"Semua sekarang telah dibebaskan," kata Gubernur Zamfara Bello Matawalle seperti dikutip dari Reuters.

Wartawan Reuters di Jangebe melihat lusinan gadis berjilbab Muslim duduk di aula gedung pemerintah negara bagian.

“Alhamdulillah! Senang sekali bisa mengumumkan pembebasan siswi GGSS Jangebe yang diculik dari penahanan,” kata Matawalle di Twitter.



"Ini menyusul penskalaan beberapa rintangan terhadap upaya kami. Saya memerintahkan semua warga Nigeria yang bermaksud baik untuk bersukacita bersama kami karena putri kami sekarang aman," ujarnya.

Sekolah-sekolah telah menjadi sasaran penculikan massal untuk mendapatkan tebusan di Nigeria utara oleh kelompok-kelompok kriminal bersenjata (KKB), dalam tren yang dimulai oleh kelompok teroris Boko Haram, dan kemudian cabangnya di Negara Islam Provinsi Afrika Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)