Sebulan Menjabat, Joe Biden Dihantam Isu Rasisme

Rabu, 24 Februari 2021 - 02:32 WIB
loading...
A A A
Masalahnya, ini bukan pertama kalinya ocehan Biden membuat banyak orang menuduhnya memiliki kecenderungan rasis. Pada Agustus 2019, selama pertemuan balai kota di Iowa yang diselenggarakan oleh Koalisi Asia dan Latin, Biden mengatakan bahwa anak-anak miskin sama cerdas dan berbakatnya dengan anak-anak kulit putih.

"Anak-anak kaya, anak-anak kulit hitam, anak-anak Asia - tidak, saya sungguh-sungguh, tapi pikirkan bagaimana kita memikirkannya," lanjutnya setelah jeda singkat tetapi kata-katanya sudah melekat di pikiran.



Malangnya, manajer kampanye Biden melakukan upaya yang nahas untuk menyelamatkan situasi:

“Wakil Presiden Biden (sic) salah bicara dan segera mengoreksi dirinya sendiri selama refrein yang sering dia gunakan untuk menegaskan bahwa semua anak berhak mendapatkan kesempatan yang adil, dan anak-anak yang lahir dalam lingkungan berpenghasilan rendah sama cerdasnya dengan mereka yang lahir dari orang tua kaya,” kata wakil manajer kampanye Kate Bedingfield pada saat itu.

Beberapa bulan kemudian, Biden membuat "kesalahan" lain yang bermuatan rasial. Berbicara kepada kerumunan di Milwaukee dalam pidato Balai Kota pertamanya sebagai presiden AS, Biden menyarankan bahwa banyak anggota komunitas Hispanik dan Afrika tidak bisa mendapatkan vaksin COVID-19 karena mereka tidak tahu bagaimana cara "online" - sebuah pernyataan yang mendapat reaksi keras di seluruh dunia maya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)