Kisah Tragis Kapal Induk Bismarck Sea AS Ditenggelamkan Pilot Kamikaze Jepang

Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:24 WIB
loading...
A A A


Kapal itu menemui nasib di tangan dua serangan pesawat kamikaze yang sangat beruntung di Iwo Jima. Pesawat pertama datang di sore hari, terbang sangat rendah sehingga senjata kapal tidak bisa menghantamnya. Itu menghantam magazine kapal, menumpahkan senjata dan amunisi, dari peluru hingga torpedo, di mana-mana.

Saat pesawat menabrak kapal induk, elevator kapal bergerak naik. Peron jatuh, menyebabkan ledakan yang melumpuhkan kemampuan kapal untuk menyetir. Itu juga memulai api yang berkobar sampai malam.

Dua puluh menit setelah pesawat pertama menabrak, kapten memberi perintah untuk meninggalkan kapal.

Saat matahari terbenam, kapal induk yang terbakar menjadi target yang menggoda. Pesawat kamikaze kedua menabrak kapal, sehingga kru tidak mungkin memadamkan api. Itu menghantam area yang menampung empat pesawat tempur berbahan bakar penuh, mengubah setengah kapal menjadi bola api.

Tapi bencana itu tidak berakhir di situ. Api di magazine kapal akhirnya meniup senjata saat kru turun, dan kapal mulai didaftar. Dua jam setelah serangan kamikaze awal, kapal sedang menuju ke dasar, membawa 318 pelaut Amerika bersamanya.

Itu adalah terakhir kali kapal induk ditenggelamkan selama Perang Dunia II, dan terakhir kali kapal induk Amerika yang ditugaskan ditenggelamkan oleh aksi musuh.

Pada tahun 1964, pasukan komando Viet Cong berhasil mengikatkan bahan peledak ke USNS Card, sebuah kapal induk yang dinonaktifkan yang digunakan oleh Angkatan Laut dengan awak sipil di dalamnya. Serangan yang dihasilkan membuat lubang di lambung kapal dan menenggelamkan USNS Card 48 kaki ke dasar pelabuhan Saigon. Namun kapal tersebut segera diangkat dan dikirim ke Filipina untuk diperbaiki.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)