Suriah Tangkap Wanita Israel, Zionis Minta Ditukar dengan 2 Tahanan

Jum'at, 19 Februari 2021 - 05:55 WIB
loading...
Suriah Tangkap Wanita Israel, Zionis Minta Ditukar dengan 2 Tahanan
Nihal al-Maqt, satu dari dua tahanan asal Suriah yang dibebaskan Israel. Pembebasannya sebagai bagian dari pertukaran tahanan dengan wanita Israel yang ditangkap Suriah. Foto/Screenshot Channel 12
A A A
DAMASKUS - Seorang wanita muda Israel tidak sengaja memasuki Suriah dan ditangkap otoritas rezim Presiden Bashar al-Assad. Pihak Zionis melakukan negosiasi pertukaran tahanan antara wanita itu dengan dua tahanan asal Suriah.

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, melaporkan negosiasi pertukaran tahanan ditengahi oleh Rusia. "Dua tahanan yang dipenjara di Israel mungkin ditukar dengan wanita itu," tulis SANA, kemarin.



Laporan itu muncul sehari setelah kabinet Israel mengadakan pertemuan tentang "masalah kemanusiaan" rahasia yang terkait dengan Suriah.

“Pertukaran itu terjadi melalui mediasi Rusia untuk membebaskan warga Suriah Nihal Al-Maqt dan Dhiyab Qahmuz, tahanan Suriah asal Golan, [wilayah] Suriah yang diduduki [Israel], dalam pertukaran di mana seorang wanita muda Israel memasuki wilayah Suriah secara tidak sengaja akan dibebaskan. Dia tidak sengaja memasuki wilayah Quneitra dan ditangkap oleh otoritas Suriah," lanjut laporan SANA.

Nihal al-Maqt, salah satu warga Suriah, berasal dari keluarga mantan narapidana di penjara Israel. Kakaknya dibebaskan dalam pertukaran tahanan tahun lalu, juga dimediasi oleh Rusia, yang terjadi setelah Suriah mengembalikan sisa-sisa jasad seorang tentara Israel yang tewas dalam pertempuran tahun 1982.

Sementara itu, laporan terbaru dari Times of Israel, Kamis (18/2/2021) malam menyebutkan Al-Maqt sudah dibebaskan. Dia memberi tahu stasiun televisi Al-Ikhbariya: "Saya sekarang bebas di Tanah Air saya."



Al-Maqt dihukum pada 2017 oleh pengadilan Israel karena penghasutan. Menurut al-Maqt, dia sudah dibebaskan dari penjara dan menyelesaikan hukumannya di bawah tahanan rumah dengan persyaratan yang sangat ketat.

"Jika saya menginjakkan kaki di luar rumah, mereka dapat menangkap saya dan memasukkan saya kembali ke penjara," kata al-Maqt.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)